ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR METODE PROBLEM BASED LEARNING MAHASISWA TINGKAT II PROGRAM STUDI S1 ILMU KEPERAWATAN STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2016

RIWU, AUDREY GRACELIA (2016) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR METODE PROBLEM BASED LEARNING MAHASISWA TINGKAT II PROGRAM STUDI S1 ILMU KEPERAWATAN STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2016. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum.

[img]
Preview
Text (AUDREY GRACELIA RIWU)
1 Halaman Depan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
3 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
4 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
5 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
6 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7 Daftar Pustaka.pdf

Download (804kB) | Preview

Abstract

AUDREY GRACELIA RIWU. “Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Belajar Metode Problem Based Learning Mahasiswa Tingkat II Program Studi S1 Ilmu Keperawatan STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2016. Latar Belakang : Problem Based Learning merupakan suatu metode pembelajaran Student Centered Learning yang memiliki kelebihan tersendiri dibanding dengan metode pembelajaran yang lain, salah satunya ialah memotivasi mahasiswa untuk lebih aktif dalam proses belajar. Tujuan : Mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi belajar metode problem based learning mahasiswa tingkat II program studi S1 ilmu keperawatan STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2016. Metode : Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling dengan propotional random sampling sebanyak 72 mahasiswa. Analisis menggunakan chi square dan uji regresi logistik ganda. Hasil : Hasil uji chi square didapatkan hasil faktor cita-cita dan aspirasi p=0,001, kondisi peserta didik p=0,044, kondisi lingkungan belajar p=0,016, unsur dinamis dalam pembelajaran p=0,479 dan upaya pengajar p=0,480. Uji regresi logistik ganda didapatkan hasil faktor yang paling berhubungan ialah cita-cita dan aspirasi dengan nilai sig 0,02. Kesimpulan : Faktor yang berhubungan dengan motivasi belajar metode problem based learning yaitu faktor cita-cita dan aspirasi, kondisi peserta didik dan kondisi lingkungan belajar. Faktor yang tidak berhubungan ialah unsur dinamis dalam pembelajaran dan upaya pengajar. Faktor yang paling berhubungan ialah faktor cita-cita dan aspirasi. Saran : Diharapkan peneliti lain dapat melakukan penelitian lebih lanjut terkait faktor motivasi belajar. Kata Kunci : Faktor-faktor-motivasi belajar- problem based learning. xix+148 hal+21 tabel+2 skema+1 gambar+12 lampiran Kepustakaan : 29, 2006-2016

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor-motivasi belajar- problem based learnin
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Krisno Tri Prasetyo
Date Deposited: 11 Sep 2019 04:53
Last Modified: 11 Sep 2019 04:53
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item View Item