HUBUNGAN ANTARA SELF DISCLOSURE DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA SARJANA KEPERAWATAN SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2021

WAHYUNINGSIH, NUR (2021) HUBUNGAN ANTARA SELF DISCLOSURE DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA SARJANA KEPERAWATAN SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2021. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NASKAH PUBLIKASI)
NUR WAHYUNINGSIH.pdf

Download (704kB) | Preview
[img] Text (NUR WAHYUNINGSIH)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (990kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

NUR WAHYUNINGSIH. “Hubungan antara self disclosure dengan tingkat stres Pada Mahasiswa Sarjana Keperawatan selama pembelajaran daring Di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2021” Latar Belakang : Adanya akibat dari pandemi Covid-19, perubahan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran secara online (daring) pada seluruh tingkatan pendidikan salah satunya pada tingkatan Perguruan Tinggi. Perubahan pembelajaran dapat membuat mahasiswa mengalami stres. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan stres pada mahasiswa adalah mahasiswa kurang memiliki self disclosure dengan orang lain. Seseorang yang memiliki kemampuan self disclosure yang baik maka akan menurunkan tingkat stres pada mahasiswa. Hal ini dikarenakan Self disclosure dapat menghasilkan perasaan lega pada seseorang. Tujuan : Mengetahui hubungan antara self disclosure dengan tingkat stres Pada Mahasiswa Sarjana Keperawatan selama pembelajaran daring di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun2021. Metode Penelitian : Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan desain penelitian kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini berjumlah 391 mahasiswa. Jumlah sampel sebanyak 80 mahasiswa yang ditentukan dengan cluster sampling. Kuesioner menggunakan alat ukur RSDS untuk mengukur self disclosure dan DASS-42 untuk mengukur tingkat stres. Analisis data menggunakan Sommers’ D dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil : Responden terbanyak dengan tingkat stres normal sebanyak 46 (57,5%) responden dan responden memiliki self disclosure tinggi sebanyak 76 (95,0 %) responden. Hasil p value diperoleh 0,033 (p < 0,05). Kesimpulan : Ada hubungan antara self disclosure dengan tingkat stres Pada Mahasiswa Sarjana Keperawatan selama pembelajaran daring di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2021 dengan nilai keeratan korelasi diperoleh sebesar 0,842 (sangat kuat). Saran : Dapat dijadikan referensi bagi penelitian selanjutnya untuk mengukur faktor lain yang kemungkinan dapat mempengaruhi stres pada mahasiswa selama pembelajaran daring. Kata Kunci : tingkat stres - self disclosure - pembelajaran daring xix + 126 hal + 17 tabel + 2 skema + 21 lampiran Kepustakaan : 36, 2010-2020

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat stres - self disclosure - pembelajaran daring
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 616 Penyakit-Penyakit > 616.8 Penyakit Pada Sistem Syaraf dan Gangguan Jiwa
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 15 Mar 2023 13:31
Last Modified: 15 Mar 2023 13:31
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item View Item