PENGARUH EDUKASI DENGAN MEDIA POSTER TERHADAP PERSEPSI SISWA SD INPRES KURIK 3 TENTANG VAKSINASI COVID-19 DI KABUPATEN MERAUKE PAPUA TAHUN 2022

METERAY, CAMILA SUHARTINI (2022) PENGARUH EDUKASI DENGAN MEDIA POSTER TERHADAP PERSEPSI SISWA SD INPRES KURIK 3 TENTANG VAKSINASI COVID-19 DI KABUPATEN MERAUKE PAPUA TAHUN 2022. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NASKAH PUBLIKASI)
CAMILA SUHARTINI METERAY.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (CAMILA SUHARTINI METERAY)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

CAMILA SUHARTINI METERAY “Pengaruh Edukasi dengan Media Poster terhadap Persepsi Siswa SD Inpres Kurik 3 tentang Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Merauke Papua Tahun 2022”. Latar Belakang : Penerimaan vaksinasi COVID-19 menjadi hal yang penuh polemik. Minimnya informasi yang meresahkan masyarakat dan kurangnya sikap siaga pemerintah untuk mengedukasi tentang vaksinasi menyebabkan penolakan masyarakat terhadap vaksin COVID-19. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan edukasi tentang manfaat yang diperoleh setelah mendapatkan vaksin COVID-19 agar keraguan masyarakat dapat teratasi dan mendorong penerimaan yang lebih besar terhadap vaksin COVID-19 di masyarakat. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh edukasi dengan media poster terhadap persepsi siswa SD Inpres Kurik 3 tentang vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Merauke Papua. Metode Penelitian : Metode penelitian menggunakan quasy-eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 217 siswa SD Inpres kurik 3. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Nonprobability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Analisis mengunakan Wilcoxon Test. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukan bahwa pesepsi sebelum diberikan edukasi dengan media poster yaitu 35 responden (81,4%) persepsi cukup dan setelah pemberian edukasi dengan media poster 38 responden (88,4%) persepsi baik. Hasil uji Wilcoxon didapatkan p value 0.000 (p<0.05). Kesimpulan : Terdapat pengaruh pemberian edukasi dengan media poster terhadap persepsi siswa SD Inpres Kurik 3 tentang vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Merauke Papua. Saran : Peneliti selanjutnya hendaknya melakukan penelitian terkait tingkat pengetahuan siswa SD tentang vaksinasi COVID-19. Kata Kunci : edukasi-poster-persepsi-vaksinasi COVID-19 xviii+92 halaman+8 tabel+3 skema+18 lampiran Kepustakaan : 49, 2012-2021

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: edukasi; poster; persepsi; vaksinasi COVID-19
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 616 Penyakit-Penyakit > 616.9 Lain-Lain Penyakit
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:35
Last Modified: 19 Jan 2024 08:35
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item View Item