PENGARUH EDUKASI OLEH PEER (TEMAN SEBAYA) TERHADAP KECEMASAN REMAJA MENGHADAPI PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TRUCUK KLATEN TAHUN 2022

MELYNDA, JESSICA ANGEL (2022) PENGARUH EDUKASI OLEH PEER (TEMAN SEBAYA) TERHADAP KECEMASAN REMAJA MENGHADAPI PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TRUCUK KLATEN TAHUN 2022. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (JESSICA ANGEL MELYNDA)
NASKAH PUBLIKASI-JESSICA ANGEL MELYNDA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (JESSICA ANGEL MELYNDA)
a. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
b. BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
c. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
d. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
g. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

JESSICA ANGEL MELYNDA. “Pengaruh Edukasi oleh Peer (Teman Sebaya) terhadap Kecemasan Remaja Menghadapi Perilaku Bullying di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Trucuk Klaten Tahun 2022” Latar Belakang: Perilaku bullying banyak terjadi di usia remaja yang terjadi di sekolah. Bullying dapat berdampak pada kecemasan yang menyebabkan terhambatnya aktivitas remaja. Hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten pada siswa kelas VIII yang dilakukan kepada 32 responden diperoleh 96,8% pernah mengalami bullying dan sebanyak 24 responden merasa cemas ketika terjadi perilaku bullying. Tujuan Penelitian: Mengetahui edukasi oleh peer (teman sebaya) terhadap kecemasan remaja menghadapi perilaku bullying di SMP Negeri 2 Trucuk Tahun 2022. Metode Penelitian: Desain penelitian dengan quasi eksperimental dengan pendekatan one group pre-test and post test without control group. Penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah responden 31 siswa. Kuesioner menggunakan Zung Self Rating Anxiety Scale. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Hasil penelitian diperoleh usia terbanyak 14 tahun, jenis kelamin terbanyak perempuan yaitu 16 siswa, tingkat kecemasan siswa sebelum edukasi paling tinggi yaitu normal (77,4%), dan setelah edukasi paling tinggi yaitu normal (87,1%). Hasil uji dengan α = 0,05 diperoleh ρ-value 0,755. Kesimpulan: Tidak ada pengaruh edukasi oleh peer (teman sebaya) terhadap kecemasan remaja menghadapi perilaku bullying di SMP Negeri 2 Trucuk tahun 2022. Saran: Peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan mengenai faktor predisposisi yang mempengaruhi kecemasan dalam menghadapi perilaku bullying pada remaja. Kata kunci: Edukasi peer – Kecemasan – Bullying Xvi + 94 halaman + 11 tabel + 5 skema Bibliography: 66, (2013-2021)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Edukasi peer – Kecemasan – Bullying
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Twista Rama Sasi
Date Deposited: 23 Jan 2024 00:57
Last Modified: 23 Jan 2024 00:57
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/2329

Actions (login required)

View Item View Item