PERBANDINGAN KOGNITIF BERHITUNG ANTARA PERMAINAN CONGKLAK DAN GADGET PADA ANAK KELAS B 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK PESANTREN BARU KEDIRI TAHUN 2017

LANA, MELVINDHY TRIDOLINA (2017) PERBANDINGAN KOGNITIF BERHITUNG ANTARA PERMAINAN CONGKLAK DAN GADGET PADA ANAK KELAS B 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK PESANTREN BARU KEDIRI TAHUN 2017. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MELVINDHY TRIDOLINA LANA)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

MELVINDHY TRIDOLINA LANA. “Perbandingan Perkembangan Kognitif antara Permainan Congklak dan Gadget pada Anak Kelas B 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Pesantren Baru Kota Kediri Tahun 2017” Latar belakang: Depkes RI, 2006 dalam Akhiani (2015), di Indonesia terdapat 62,02% anak mengalami gangguan perkembangan berupa kecerdasan, gangguan pendengaran, dan gangguan motorik. Dinkes Jawa Timur (2014), Hasil pemeriksaan tumbuh kembang anak pra sekolah berjumlah 3.657.353 anak di Kota Jawa Timur mengalami gangguan perkembangan tumbuh kembang. Tujuan penelitian: Mengetahui perbedaan kognitif berhitung antara permainan congklak dan gadget pada anak kelas B 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Pesantren Baru Kota Kediri Tahun 2017. Metode penelitian: Jenis penelitian adalah quasi experimen. Sampel penelitian menggunakan 40 orang dengan teknik sampling total populasi. Analisis data menggunakan Wilcoxon match pairs test dengan tingkat kepercayaan 95%. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil : Hasil uji statistik Wilcoxon match pairs test: diperoleh ρ-value = 0.317 > α = 0,05, yang artinya tidak ada perbedaan kognitif berhitung antara permainan congklak dan gadget pada anak kelas B 5-6 tahun di TK Pesantren Baru Kota Kediri Tahun 2017. Kesimpulan: Tidak ada perbedaan kognitif berhitung antara permainan congklak dan gadget pada anak kelas B 5-6 tahun di TK Pesantren Baru Kota Kediri Tahun 2017. Saran : Diharapkan tenaga kerja di Taman Kanak-Kanak Pesantren Baru Kota Kediri dapat mengembangkan kemampuan kognitif dengan hal-hal yang baru pada anak seperti memberikan permainan edukasi untuk anak-anak. Kata kunci: Kognitif-berhitung-congklak-gadget xx hal + 134 hal + 20 tabel + 2 skema + 5 gambar + 9 lampiran Kepustakaan: 51, 2007- 2016

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kognitif; berhitung; congklak; gadget
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 612 Fisiologi > 612.6 Reproduksi,pertumbuhan,pendewasaan Termasuk kehamilan dan melahirkan, pertumbuhan embrio,pertumbuhan bayi,pendewasaan,remaja,menstruasi, gerontologi fisik
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 11 Oct 2019 09:04
Last Modified: 11 Oct 2019 09:04
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item