Yullya Permina, - and Edreck D. Estioko, - and Joseph Peter B. Regondola, - (2019) Kecerdasan Emosional dan Prestasi Akademik Mahasiswa Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Indonesia; Dasar untuk Strategi Mengajar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12. pp. 65-74. ISSN 2085-6997
|
Text
1 Peer Review Ch. Hatri Istiarini, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.MB., Ph.D., Ns.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
2 Peer Review I Wayan Sudarta, S.Kep., Ns., M.Kes.pdf Download (360kB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor dalam prestasi akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan prestasi akademik sebagai dasar untuk strategi mengajar. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif-deskriptif-korelasi,dengan sampel 162 responden. Terdapat 4 item dalam kecerdasan emotional, yaitu persepsi emosi, mengelola emosi sendiri, memahami emosi dan pemanfaatan emosi untuk memfasilitasi pemikiran, sedangkan prestasi akademik dengan menggunakan indeks prestasi mahasiswa, penelitian ini menggunakan pearson product moment, dengan hasil t = 0.836 dan t-value 1.96, ini menunjukkan bahwa hasil t kurang dari t-value yang artinya tidak ada hubungan kecerdasan emotional dan prestasi belajar mahasiswa keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Indonesia. Nilai yang terendah dalam kecerdasan emotional adalah memahami emosi, dengan demikian strategi yang diperlukan adalah mempertahankan peran pengajar dalam membimbing mahasiswa keperawatan untuk meningkatkan pemahaman tentang emosi pribadi, mengenali hubungan emosional, berurusan dengan perasaan, mengatasi transisi termasuk penerimaan terhadap kemarahan dan responsif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology |
Depositing User: | Krisno Tri Prasetyo |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 05:06 |
Last Modified: | 22 Aug 2020 04:50 |
URI: | http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/514 |
Actions (login required)
View Item |