HUBUNGAN KEBIASAAN BERMAIN VIDEO GAME DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK MARIA ASSUMPTA KLATEN 2019

NIRMALA, MARIA SEPTI (2019) HUBUNGAN KEBIASAAN BERMAIN VIDEO GAME DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK MARIA ASSUMPTA KLATEN 2019. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MARIA SEPTI NIRMALA)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

MARIA SEPTI NIRMALA. “Hubungan Kebiasaan Bermain Video Game dengan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Prasekolah di Taman Kanak Kanak Maria Assumpta Klaten 2019”. Latar Belakang : Bahasa adalah aspek penting, karena bahasa merupakan media komunikasi anak dengan lingkungannya. Banyak anak mulai umur tiga tahun yang mengenal berbagai jenis game. Video Game dapat mempengaruhi aspek perkembangan anak . Hasil studi pendahuluan menunjukkan sebagian besar siswa siswi TK Maria Assumpta Klaten bermain video game. Tujuan : Mengetahui hubungan kebiasaan bermain video game dengan perkembangan bahasa pada anak usia prasekolah di TK Maria Assumpta Klaten 2019. Metode : Penelitian ini adalah jenis kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada tanggal 22, 23 dan 27 Juli 2019. Penelitian ini menggunakan uji statistik spearman rank. Pengambilan sampel mengunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 79 responden dari total 98 responden. Menggunakan alat ukur lembar observasi DDST II dan angket kebiasaan bermain video game yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil : Diperoleh nilai p value 0,013, dengan nilai C -0,279. Kesimpulan : Ada hubungan antara kebiasaan bermain video game dengan perkembangan bahasa pada anak usia prasekolah di Taman Kanak-Kanak Maria Assumpta Klaten 2019 dengan tingkat keeratan cukup. Saran : Peneliti menyarankan kepada peneliti lain untuk meneliti keterkaitan bermain video game dengan aspek perkembangan anak lainnya (motorik halus, motorik kasar dan personal sosial). Kata Kunci : Video Game-Perkembangan Bahasa-Usia Prasekolah Xviii+93 halaman+14 tabel+2 skema+2 gambar+14 lampiran Kepustakaan : 44, 2009-2018

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Video Game; Perkembangan Bahasa; Usia Prasekolah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:24
Last Modified: 03 Nov 2020 02:24
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item