STUDI DESKRIPTIF TINGKAT KEPUASAN PASIEN TENTANG PELAYANAN KESEHATAN DI KLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA 2020

PURWANTI, KRISTINA EKA (2020) STUDI DESKRIPTIF TINGKAT KEPUASAN PASIEN TENTANG PELAYANAN KESEHATAN DI KLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA 2020. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

KRISTINA EKA PURWANTI “Studi Deskriptif Tingkat Kepuasan Pasien tentang Pelayanan Kesehatan di Klinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta 2020”. Latar Belakang: Kepuasan merupakan salah satu indikator sangat penting dalam pelayanan kesehatan. Kepuasan pelanggan menjadi salah satu tujuan yang akan dicapai oleh rumah sakit, pengukuran kepuasan pelanggan dilakukan untuk mengetahui apakah kinerja yang telah dilakukan rumah sakit telah tercapai sesuai dengan yang diharapakan atau masih ada perbaikan untuk meningkatkan pelayanan, Terciptanya kepuasan pelanggan yang diharapkan dapat memberikan efek yang positif terhadap kelangsungan kegiatan rumah sakit atau organisasi pelayanan kesehatan.Kepuasan pasien dinilai dengan dimensi RATER, yaitu reliability, assurance, tangible, empathy, responsiveness Tujuan: Mengetahui Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien tentang Pelayanan Kesehatan di Klinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta 2020.Mengetahui karakteristik responden berdasarkan usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan utama. Mengetahui kepuasan pasien berdasarkan dimensi pelayanan kesehatan. Metode: Penelitian menggunakan analitik Deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasinya adalah pasien yang berada di Klinik Penyakit Dalam Rumah sakit Bethesda Yogyakarta. Jumlah sampel responden 92 orang dengan pengambilan sampel Accidental Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan analisis univariat. Hasil: Tingkat Kepuasan pasien menyatakan sangat puas 55,43 %, menyatakan sangat puas pada dimensi reliability (60,87%), dan Empathy (60,87%) menyatakan puas pada dimensi assurance ada (56,52 %), tangible (50,00%) dan responsiveness responden (59,78%). Kesimpulan: Tingkat Kepuasan pasien menyatakan sangat puas yaitu 55,43 %. Saran: Peneliti yang ingin meneliti terkait kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta disarankan dapat lebih banyak lagi variable yang digunakan dan menggali lebih dalam tentang faktor faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien berdasarkan karakteristik pasien. Kata kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan kesehatan, rawat jalan xv + 96 Halaman + 12 Tabel +2 skema +16 Lampiran Kepustakaan: 33, (2003-2018)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien; Pelayanan kesehatan; rawat jalan
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 613 Kesehatan Umum dan Perorangan
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Twista Rama Sasi
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:19
Last Modified: 07 May 2021 03:17
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item View Item