Sudarta, I Wayan and Permina, Yullya and Adiyasa, Ratna Puspita (2020) Hubungan karakteristik Clinical Instructor dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners. Jurnal Kesehatan, 7 (2). ISSN 2502-0439
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Latar Belakang: Pendidikan keperawatan bertujuan mempersiapkan mahasiswa keperawatan untuk menjadi lulusan yang mampu memberikan pelayanan keperawatan yang profesional dan berkualitas, termasuk dalam praktik klinik pelayanan mahasiswa kepada pasien. Clinical Instructor (CI)/ pembimbing klinik mempunyai peran yang penting dalam proses pembimbingan mahasiswa keperawatan. Khususnya bagi mahasiswa keperawatan yang sedang menjalani program pendidikan profesi ners. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik clinical instructordengan Indeks Prestasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Ners. Metode:Penelitian ini menggunakan design deskriptif korelasi dengan teknik pengambilan sampel dengan total sampling sejumah 55 responden. Hasil: karakteristik Clinical Instructor paling banyak adalah dalam kategori sangat baik dengan jumlah 52 responden (94,54%) dan sebagian besar pesponden memperolah IPK kategori Cumlaude dengan jumlah 52 responden (94,54%). Uji Analisis Bivariate Kendal Tau menunjukkan bahwa hasil p-value = 0,672 > α = 0,05. Kesimpulan: tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik Clinical Instructor dengan nilai Indeks Prestasi Komuliatif Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners.Saran: Penelitian dengan topik CharacteristicClinical Instructor dengan metode kualitatif dapat dilakukan untuk semakin menambah informasi.Kata Kunci:Clinical Instructor -Characteristic –Indeks -Prestasi
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Clinical Instructor; Characteristic; Indeks; Prestasi |
Subjects: | 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 610.7 Pendidikan, Penelitian, Perawatan, Topik-Topik berkaitan |
Depositing User: | Yohana Adriani, A.Md |
Date Deposited: | 24 May 2021 14:06 |
Last Modified: | 24 May 2021 14:06 |
URI: | http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/837 |
Actions (login required)
View Item |