STUDI DESKRIPTIF MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN TENTANG PROBLEM BASED LEARNING DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2018

PUAY, JARIAMAN (2018) STUDI DESKRIPTIF MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN TENTANG PROBLEM BASED LEARNING DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2018. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (JARIAMAN PUAY)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

JARIAMAN PUAY. “Studi Deskriptif Motivasi Belajar dan Persepsi Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan tentang Problem Based Learning di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2018” LATAR BELAKANG: Problem Based Learning (PBL) merupakan metode intruksional yaitu mahasiswa diberikan masalah sebagai pemicu belajar yang dapat membantu dan mendorong mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman tentang berbagai konsep yang mendasari masalah serta prinsip pengetahuan lain yang relevan. TUJUAN: Mengetahui gambaran motivasi belajar dan persepsi mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan tentang PBL di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2018. METODE: Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel yang diambil 127 mahasiswa Prodi Sarjana Keperawatan STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotional starified random sampling. Instrument berupa kuesioner tertutup. HASIL: Tingkat motivasi belajar mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan tentang PBL di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2018 dengan kategori tinggi 72,4% dan kategori rendah 0,8%. Sedangkan tingkat persepsi mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan tentang PBL di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2018 dengan kategori baik 71,7% dan kategori cukup 28,3%. KESIMPULAN: Tingkat motivasi belajar mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan tentang PBL di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2018 rata-rata berada pada kategori tinggi 72,4%. Sedangkan persepsi mahasiswa berada pada kategori baik sebesar 71,7%. SARAN: Disarankan peneliti lain untuk meneliti hubungan antara motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang proses pembelajaran Problem Based Learning dengan IPK. KATA KUNCI: Problem Based Learning-motivasi-persepsi xviii + 95 + 9 tabel + 3 skema + 20 lampiran Kepustakaan: 35, 2006-2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; motivasi; persepsi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 07 Sep 2019 04:28
Last Modified: 07 Sep 2019 04:29
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/108

Actions (login required)

View Item View Item