PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DAN MENARI TERHADAP KETERAMPILAN MENCUCI TANGAN PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI 1 SLEMAN, YOGYAKARTA

FEBRYANI, KRISTIN DESSY (2018) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DAN MENARI TERHADAP KETERAMPILAN MENCUCI TANGAN PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI 1 SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KRISTIN DESSY FEBRYANI)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

KRISTIN DESSY FEBRYANI, “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Audiovisual Dan Menari Terhadap Keterampilan Mencuci Tangan Pada Anak Retardasi Mental di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Sleman, Yogyakarta Tahun 2017”. Latar Belakang: Jumlah anak retardasi mental di Yogyakarta semakin meningkat. Data dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Yogyakarta (Bappeda DIY), pada tahun 2012 jumlah anak retardasi mental di Provinsi DIY sebanyak 6.934 orang, tahun 2013 mengalami peningkatan menjadi 7.730 orang, ditahun 2014 mengalami penurunan menjadi 7.543 orang, dan penurunan lagi ditahun 2015-2016 sebanyak 7.403 orang. Salah satu gangguan yang terdapat pada anak retardasi mental yaitu mengalami kesulitan dalam melakukan aktifitas perawatan diri. Salah satu bentuk perawatan diri adalah kegiatan mencuci tangan. Tujuan: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui media audiovisual dan menari terhadap keterampilan mencuci tangan pada anak retardasi mental di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Sleman, Yogyakarta Tahun 2017. Metode Penelitian: Menggunakan metode Pre Experimental Design dengan rancangan one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 17 anak. Sampel berjumlah 17 anak diambil dengan Total Populasi. Uji hipotesis menggunakan Wilcoxon. Hasil: Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon pada tingkat kemaknaan 95% (α 0,05) diperoleh nilai hitung (p value=0,000). Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan melalui media audiovisual dan menari terhadap keterampilan mencuci tangan pada anak retardasi mental di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Sleman, Yogyakarta Tahun 2017. Saran: Bagi peneliti selanjutnya supaya menambahkan jumlah sampel agar bisa digeneralisasikan dan menggunakan kelompok Kontrol. Kata Kunci: Retardasi Mental, Keterampilan Mencuci Tangan, Media Audiovisual Dan Menari xx + 126 hal + 11 tabel + 2 skema +1 gambar+ 17 lampiran Kepustakaan: 55, 2005-2016

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Retardasi Mental; Keterampilan Mencuci Tangan; Media Audiovisual
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 613 Kesehatan Umum dan Perorangan > 613.04 Kesehatan jenis kelamin dan kelompok umur tertentu
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 07 Sep 2019 06:55
Last Modified: 07 Sep 2019 06:55
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/113

Actions (login required)

View Item View Item