ALSELINA, ALSELINA (2016) STUDI KUALITATIF PERSEPSI PASIEN TENTANG BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS GONDOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA 2016. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum.
|
Text (ALSELINA)
1 Halaman Depan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
2 Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
3 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
4 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
5 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
6 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
||
|
Text
7 Daftar Pustaka.pdf Download (394kB) | Preview |
Abstract
ALSELINA.”Studi Kualitatif Persepsi Pasien Tentang BPJS Kesehatan Di Puskesmas Gondokusuman 1 Yogyakarta Tahun 2016” Latar Belakang: Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk dapat hidup layak dan produktif. Pelayanan di bidang kesehatan merupakan salah satu bentuk pelayanan yang paling banyak dibutuhkan untuk masyarakat. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS merupakan lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia menurut Undang-Undang Nomor 20 tahun 2004 dan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011. Dalam penerapan pelayanan kesehatan di BPJS kesehatan sendiri banyak permasalahan yang mengakibatkan masyarakat kurang mengetahui manfaat, fungsi, iuran yang harus dibayar serta fasilitas yang akan didapat oleh masyarakat. Untuk itu diperlukan kajian mendalam mengenai persepsi pasien tentang BPJS kesehatan. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pasien tentang BPJS kesehatan di Puskesmas Gondokusuman 1 Yogyakarta tahun 2016. Metode:Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Sampel yang digunakan adalah pasien pengguna kartu BPJS kesehatan yang berjumlah enam orang responden. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara semi structured dan analisis menggunakan analisis tematik. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pasien berpendapat bahwa BPJS kesehatan adalah jaminan kesehatan. Sebagian besar pasien mempunyai persepsi yang baik tentang BPJS kesehatan. Kesimpulan: Gambaran bahwa persepsi pasien tentang BPJS kesehatan adalah sebagian besar pasien mempunyai persepsi yang baik hanya saja kurang dibekali pengetahuan tentang BPJS. Saran: Bagi dinas kesehatan untuk dapat melakukan penyuluhan atau sosialisasi tentang BPJS agar masyarakat pengguna kartu BPJS dapat lebih memahami lagi tentang BPJS. Kata Kunci: Persepsi, Pasien, BPJS Kesehatan 2 skema+1 tabel+13 lampiran Daftar pustaka, 22, 1991-2014
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Pasien, BPJS Kesehatan |
Subjects: | 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 613 Kesehatan Umum dan Perorangan |
Divisions: | Prodi Sarjana Keperawatan |
Depositing User: | Krisno Tri Prasetyo |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 04:38 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 04:38 |
URI: | http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/119 |
Actions (login required)
View Item |