PENGARUH TEKNIK DISTRAKSI BERCERITA TERHADAP NYERI ANAK USIA PRASEKOLAH YANG DILAKUKAN PEMASANGAN INFUS DI RUANG DAHLIA RSUD WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN 2016

SELVIANI, APRIANA (2016) PENGARUH TEKNIK DISTRAKSI BERCERITA TERHADAP NYERI ANAK USIA PRASEKOLAH YANG DILAKUKAN PEMASANGAN INFUS DI RUANG DAHLIA RSUD WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN 2016. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum.

[img]
Preview
Text (APRIANA SELVIANI)
1 Halaman Depan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
3 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
4 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
5 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7 Daftar Pustaka.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

APRIANA SELVIANI “Pengaruh Teknik Distraksi Bercerita terhadap Nyeri Anak Usia Prasekolah yang Dilakukan Pemasangan Infus di Ruang Dahlia RSUD Wonosari Gunungkidul tahun 2016”. Latar Belakang: Prosedur invasif yang sering dilakukan pada anak di rumah sakit adalah pemasangan infus yang bertujuan untuk memberikan cairan atau obat langsung ke pembuluh darah. Pemasangan infus dapat menimbulkan nyeri. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh teknik distraksi bercerita terhadap nyeri anak usia prasekolah yang dilakukan pemasangan infus di Ruang Dahlia RSUD Wonosari Gunungkidul. Metode: Menggunakan desain Quasi eksperimental dengan Posttest Only Control Grup Design. Pengambilan sampel Accidental sampling dengan sampel 30 anak, 15 sebagai kelompok kontrol dan 15 sebagai kelompok intervensi. Instrumen penelitian menggunakan Wong Baker Faces Pain Scale. Analisis menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil: Hasil menunjukan p value <0,05 atau (0,02<0,05). Terdapat perbedaan signifikan antara kelompok kontrol paling banyak (9) responden dengan skala nyeri sekali dan kelompok intervensi sebanyak (7) responden dengan skala nyeri sedikit lebih nyeri. Mean Rank kelompok kontrol (8.00) dan kelompok intervensi (6.50). Kesimpulan: Ada pengaruh pemberian distraksi bercerita terhadap nyeri anak prasekolah yang dilakukan pemasangan infus di ruang Dahlia RSUD Wonosari bulan September 2016. Saran: Bagi perawat ruang Dahlia RSUD Wonosari Gunungkidul kedepannya, dapat menggunakan teknik distraksi bercerita untuk mengurangi nyeri akibat pemasangan infus. Kata kunci: Teknik distraksi, pemasangan infus, tingkat nyeri. xv + 66 hal + 2 skema + 5 tabel + 11 lampiran Kepustakaan: 25, (2004-2016)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik distraksi, pemasangan infus, tingkat nyeri
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 618 Ginakologi dan Lain-Lain Kedokteran Khusus > 618.9 Pediatrik dan Geriatrik
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Krisno Tri Prasetyo
Date Deposited: 09 Sep 2019 08:46
Last Modified: 09 Sep 2019 08:46
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item