GAMBARAN TINGKAT STRES ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN ANAK DENGAN METODE DARING PADA SISWA KELAS 1-3 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL QONITA PALANGKA RAYA TAHUN 2021

SABATRININGSIH, EGIE (2021) GAMBARAN TINGKAT STRES ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN ANAK DENGAN METODE DARING PADA SISWA KELAS 1-3 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL QONITA PALANGKA RAYA TAHUN 2021. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
EGIE SABATRININGSIH.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (EGIE SABATRININGSIH)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

EGIE SABATRININGSIH. “Gambaran Tingkat Stres Orang Tua Dalam Mendampingi Pembelajaran Anak Dengan Metode Daring Pada Siswa Kelas 1-3 Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Qonita Palangkaraya Tahun 2021” Latar Belakang: Pembelajaran jarak jauh ditetapkan pemerintah untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19. Dampak pembelajaran jarak jauh memengaruhi tingkat stres dalam mendampingi anak belajar. Studi pendahuluan didapatkan beberapa orang tua memiliki kendala dalam proses mendampingi pembelajaran anak, kesulitan mengakses media, kurang memahami materi pelajaran, merasa emosi tidak stabil dan sulit membagi waktu dalam mendampingi anak belajar. Tujuan Penelitian: Mengetahui gambaran tingkat stres orangtua dalam mendampingi pembelajaran anak dengan metode daring pada siswa kelas 1-3 Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Qonita Palangkaraya tahun 2021. Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling dengan jumlah 94 responden. Alat ukur menggunakan kuesioner DASS (Depression Anxiety Stress Scale). Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berusia 21-40 tahun. Mayoritas responden adalah seorang ibu sebanyak 78 responden. Mayoritas responden memiliki tingkat Pendidikan Tinggi. Mayoritas responden dalam penelitian ini bekerja. Tingkat stress yang dialami orangtua bervariasi yaitu 2 responden stres berat, 12 responden mengalami stres sedang, 34 responden stres ringan. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan tingkat stres orangtua mendampingi pembelajaran anak dengan metode daring adalah 36.2% dalam kategori stres ringan. Saran: Peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan instrument khusus dalam mengukur tingkat stres selama pendampingan belajar anak secara daring. Kata Kunci: Stres - Orang Tua - Daring xvii + 69 hal + 8 tabel + 2 skema + 11 lampiran Kepustakaan: 30, 2011 – 2021

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stres - Orang Tua - Daring
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Twista Rama Sasi
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:20
Last Modified: 15 Dec 2022 01:20
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item View Item