HUBUNGAN PELAKSANAAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KEPERCAYAAN DIRI BERKOMUNIKASI MAHASISWA TINGKAT I PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TA 2017/2018

MURSIYAH, MURSIYAH (2018) HUBUNGAN PELAKSANAAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KEPERCAYAAN DIRI BERKOMUNIKASI MAHASISWA TINGKAT I PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TA 2017/2018. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MURSIYAH)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

MURSIYAH. “Hubungan Pelaksanaan Problem Based Learning Dengan Kepercayaan Diri Berkomunikasi Mahasiswa Tingkat I Program Studi Sarjana Keperawatan STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta TA 2017/2018” Latar Belakang: Kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan seseorang akan kemampuan yang dimiliki untuk menampilkan perilaku tertentu. Kepercayaan diri dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah pendidikan. Metode pembelajaran yang tidak tepat membuat mahasiswa tidak mampu menstimulus kepercayaan diri dan keterampilan berkomunikasi, sehingga mahasiswa cenderung pasif. Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pelaksanaan problem based learning dengan kepercayaan diri berkomunikasi mahasiswa tingkat I Program Studi Sarjana Keperawatan STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta TA 2017/2018. Metode: Penelitian ini menggunakan analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah mahasiswa tingkat I Program Studi Sarjana Keperawatan Tahun 2018 berjumlah 91 orang. Sampel yang digunakan adalah total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesoner dengan uji statistic spearman rank. Hasil: Hasil uji statistik Spearman Rank tingkat kemaknaan (ɑ) 0,05 didapatkan nilai p-value = 0,004 dengan keeratan rendah dengan nilai korelasi 0,302. Kesimpulan: Ada hubungan antara pelaksanaan problem based learning dengan kepercayaan diri berkomunikasi mahasiswa tingkat I Program Studi Sarjana Keperawatan STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta TA 2017/2018. Saran: STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta dapat menerapkan PBL secara terusmenerus untuk menstimulus kepercayaan diri berkomunikasi mahasiswa. Kata kunci: Kepercayaan diri berkomunikasi, Pelaksanaan PBL, Mahasiswa Prodi Sarjana Keperawatan xx + 14 halaman + 17 tabel + 3 skema + 20 lampiran Kepustakaan: 40, 2009-2017

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan diri berkomunikasi; Pelaksanaan PBL; Mahasiswa Prodi Sarjana Keperawatan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:22
Last Modified: 11 Sep 2019 06:22
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item