GAMBARAN UPAYA PERAWAT DALAM MENINGKATKAN KENYAMANAN KLIEN PADA SAAT KATETERISASI URINE DI RSUD KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020

HANDAYANI, ERMITA (2021) GAMBARAN UPAYA PERAWAT DALAM MENINGKATKAN KENYAMANAN KLIEN PADA SAAT KATETERISASI URINE DI RSUD KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NASKAH PUBLIKASI)
ERMITA HANDAYANI.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

xERMITA HANDAYANI. “Gambaran Upaya Perawat Dalam Meningkatkan Kenyamanan Klien Pada Saat Kateterisasi Urine Di RSUD Kota Yogyakarta Tahun 2020“ Latar Belakang : Kenyamanan adalah keadaan terpenuhinnya kebutuhan dasar manusia. Kateterisasi adalah tindakan pemasukan selang untuk mengeluarkan urine. Di Indonesia, 14% pasien merasa tidak nyaman terhadap pelayanan kesehatan karena perilaku caring perawat kurang baik. Dari wawancara peneliti pada 10 pasien kateterisasi di ruangan Bugenville, Dahlia, Edelweiss Rumah Sakit RSUD Kota Yogyakarta, 7 dari 10 orang mengatakan bahwa mereka tidak nyaman karena beberapa alasan, seperti merasa malu ketika perawat memegang alat kelamin pasien, sakit ketika selang kateter dimasukan ke dalam saluran kemih, dan merasa takut ketika perawat memberitahukan semua prosedurnya karena pasien belum pernah memakai katater sebelumnya. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran upaya perawat dalam meningkatkan kenyamanan klien pada saat kateterisasi di RSUD Yogyakarta tahun 2020. Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada 10 September - 11 Oktober 2020. Proses pengambilan sampel menggunakan teknik Consecutive sampling mendapatkan sebanyak 39 orang. Hasil : Hasil penelitian studi deskriptif kenyamanan pasien berdasarkan komunikasi terapeutik perawat, menunjukkan 30 responden (76,9%) mengatakan komunikasi terapeutik perawat baik, 29 responden (74,4%) mengatakan kehandalan perawat baik, 31 responden (79,5%) mengatakan daya tanggap perawat baik. Kesimpulan : Studi deskriptif kenyamanan pasien menyatakan komunikasi terapeutik, kehandalan, dan daya tanggap perawat dalam kategori baik. Saran : Peneliti menyarankan kepada peneliti lain untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi perawat dalam meningkatkan kenyamanan pada klien. Kata Kunci : Komunikasi Teraputik - Kehandalan - Daya Tanggap Perawat xviii + 80 hal + 15 tabel + 2 skema + 14 lampiran Kepustakaan: 44, 2009-2020

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Teraputik; Kehandalan; Daya
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 610.7 Pendidikan, Penelitian, Perawatan, Topik-Topik berkaitan
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:06
Last Modified: 15 Mar 2023 07:06
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/1506

Actions (login required)

View Item View Item