STUDI FENOMENOLOGI PERAN GURU DALAM PENERAPAN ORAL HYGIENE PADA ANAK AUTISME DI PUSAT TERAPI AUTISME PERMATA ANANDA JARANAN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN 2022

CHRISTY, DEVITA MILIA (2022) STUDI FENOMENOLOGI PERAN GURU DALAM PENERAPAN ORAL HYGIENE PADA ANAK AUTISME DI PUSAT TERAPI AUTISME PERMATA ANANDA JARANAN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN 2022. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NASKAH PUBLIKASI)
DEVITA MILIA CHRISTY.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DEVITA MILIA CHRISTY)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

DEVITA MILIA CHRISTY. “ Studi Fenomenologi Peran Guru dalam Penerapan Oral Hygiene pada Anak Autisme di Pusat Terapi Autisme Permata Ananda Jaranan Banguntapan Bantul “. Latar belakang: Masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling sering dijumpai pada anak autisme yaitu karies gigi, gigi berlubang. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mencegah masalah gigi pada anak autisme perlu dilakukan oral hygiene disekolah yang di dampingi oleh guru didiknya. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam penerapan oral hygiene pada anak autisme Metode : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara semiterstruktur. Subyek dari penelitian ini adalah Guru di Pusat Terapi Permata Ananda Jaranan Banguntapan Bantul. Teknik penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan 4 partisipan. Hasil di transkip dan dianalisis menggunakan thematic content analysis. Hasil : Terdapat 4 partisipan didapatkan 133 kode dan 8 kategori kemudian diambil 5 tema yaitu peran guru pendidik dalam pemahaman tentang oral hygiene, peran guru pembimbing dalam penerapan oral hygiene, peran guru penasehat dalam penerapan oral hygiene, peran guru innovator dalam penerapan cara-cara yang baru dalam melakukan oral hygiene, peran emansipator supaya anak bisa percaya diri. Kesimpulan : Guru memiliki peran pendidik, pembimbing, penasehat, innovator, emansipator yang semua berperan penting dalam menerapakan oral hygiene pada anak autisme. Saran : Bagi peneliti selanjutnya yang meneliti tentang penerapan oral hygiene pada anak autisme agar memperluas area penelitian mendapatkan data yang lebih luas Kata kunci : Oral hygiene-guru-autisme xiv+2 tabel + 2 skema + 13 lampiran Kepustakaan : 33, 2010-2016

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Oral hygiene;guru; autisme
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 610.7 Pendidikan, Penelitian, Perawatan, Topik-Topik berkaitan
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:30
Last Modified: 19 Jan 2024 08:30
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/2173

Actions (login required)

View Item View Item