SAKMAF, DWITIYA HESTIFARA (2022) GAMBARAN KECERDASAN EMOSIONAL PERAWAT PADA MASA PANDEMI COVID – 19 DI RUMAH SAKIT ANGKATAN LAUT dr. R. OETOJO SORONG PAPUA BARAT TAHUN 2021. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.
|
Text (NASKAH PUBLIKASI)
DWITIYA HESTIFARA SAKMAF.pdf Download (666kB) | Preview |
|
|
Text (DWITIYA HESTIFARA SAKMAF)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (468kB) | Preview |
Abstract
DWITIYA HESTIFARA SAKMAF. ‘‘Gambaran Kecerdasan Emosional Perawat Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit Angkatan Laut dr. Oetojo Sorong Papua Barat Tahun 2021”. Latar Belakang: Beban kerja perawat pada masa pandemi meningkat hal ini menyebabkan tingginya kebutuhan kecerdasan emosional di RS sangat dibutuhkan dalam mengolah perubahan suasana mental emosional perawat. Tujuan Penelitian: Mengetahui gambaran kecerdasan emosional perawat pada masa pandemi COVID-19 di Rumah Sakit Angkatan Laut dr. R. Oetojo Sorong Papua Barat Tahun 2021. Metode Penelitian: Desain penelitian yang di gunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh perawat yang bekerja di Rumah Sakit Angkatan Laut dr. R. Oetojo Sorong dengan jumlah perawat sebanyak 55. Teknik Sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah total sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu Kecerdasan emosional perawat di masa pandemi COVID-19 di Rumah Sakit Angkatan Laut dr. R. Oetojo Sorong PapuaTeknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis deskriptif statistik. Hasil Penelitian: Berdasarkan frekuensi responden dengan kecerdasan emosional kategori sedang paling banyak yaitu 49 responden (89,1%), sedangkan kecerdasan emosional dengan kategori tinggi paling sedikit dengan jumlah 6 responden (10,9%). Kesimpulan: Sebagian besar perawat di Rumah Sakit dr. R Oetojo Sorong Papua Barat memiliki kecerdasan emosional yang baik. Saran: Diharapkan Rumah Sakit dapat menekankan penggunaan dimensi-dimensi kecerdasan emosional perawat dalam memberikn pelayanan seperti mengetahui emosi diri sendiri, mengatur emosi diri, memotivasi diri, memahami emosi orang lain sehingga di harapkan dapat meningkatkan mutu rumah sakit. Kata Kunci: Kecerdasaan Emosional, Perawat, COVID-19. xvi+ 152 hal+ 9 tabel +2 skema+15 lampiran Kepustakaan: 23, 2010-2020
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasaan Emosional; Perawat; COVID-19 |
Subjects: | 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 616 Penyakit-Penyakit > 616.9 Lain-Lain Penyakit |
Divisions: | Prodi Sarjana Keperawatan |
Depositing User: | Yohana Adriani, A.Md |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 08:27 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 08:27 |
URI: | http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/2177 |
Actions (login required)
View Item |