PENGARUH SEX EDUCATION DENGAN ANATOMICAL DOLL TERHADAP PERILAKU PERLINDUNGAN DIRI ANAK DI SD NEGERI BINUANG KRAYAN SELATAN NUNUKAN KALIMANTAN UTARA TAHUN 2022

LINDA, IRENE (2022) PENGARUH SEX EDUCATION DENGAN ANATOMICAL DOLL TERHADAP PERILAKU PERLINDUNGAN DIRI ANAK DI SD NEGERI BINUANG KRAYAN SELATAN NUNUKAN KALIMANTAN UTARA TAHUN 2022. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IRENE LINDA)
NASKAH PUBLIKASI-IRENE LINDA.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text (IRENE LINDA)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Irene Linda. “Pengaruh Sex Education dengan Anatomical Doll terhadap Perilaku Perlindungan Diri Anak di SD Negeri Binuang Krayan Selatan Nunukan Kalimantan Utara Tahun 2022.” Latar belakang: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI, 2021) mendapatkan 2.316 kasus kekerasan seksual pada anak. Penyebab kekerasan seksual pada anak yaitu anak-anak belum tahu cara melindungi diri dari kekerasan seksual. Sex education dengan anatomical doll akan membantu anak-anak dalam melindungi dirinya. Anatomical doll memiliki kelebihan yaitu visualnya anak lebih mudah mengerti bagian-bagian anggota tubuh mereka dan mudah dimengerti. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh sex education dengan anatomical doll terhadap perilaku perlindungan diri anak di SD Negeri Binuang Krayan Selatan Nunukan Kalimantan Utara tahun 2022. Metode penelitian: Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen design dengan pendekatan one group pre test dan post test design. Populasi yang digunakan adalah anak Sekolah Dasar Negeri Binuang dan teknik sampling yang digunakan total sampling jumlah sampel sebanyak 33 anak. Hasil penelitian: Uji Wilcoxon ranks test didapatkan sebelum edukasi sebanyak 14 anak (42.4%) memiliki perilaku sedang dan sesudah edukasi sebanyak 28 anak (84.8%) memiliki perilaku tinggi. Nilai p-value 0.000 (p=<0.05), yang berarti ada (H0) ditolak dan (Hα) diterima sehingga ada pengaruh sex education dengan anatomical doll terhadap perilaku perlindungan diri anak. Kesimpulan: Ada pengaruh sex education menggunakan anatomical doll terhadap perilaku perlindungan diri anak sekolah dasar. Saran: Peneliti selanjutnya melihat faktor penyebab kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan sekolah SD. Kata kunci: Sex education-anatomical doll-perilaku perlindungan diri viii +140 halaman + 11 tabel + 2 skema + 21 lampiran Kepustakaan: 40, 2012-2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sex education-anatomical doll-perilaku perlindungan diri
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Twista Rama Sasi
Date Deposited: 23 Jan 2024 01:01
Last Modified: 23 Jan 2024 01:01
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/2326

Actions (login required)

View Item View Item