HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGANTINGKAT STRES ANAK USIA 13-15 TAHUN PADA SISTEM LIMA HARI SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2018

VIVIANA, VIVIANA (2018) HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGANTINGKAT STRES ANAK USIA 13-15 TAHUN PADA SISTEM LIMA HARI SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2018. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (VIVIANA)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

VIVIANA. “Hubungan Dukungan Teman Sebaya dengan Tingkat Stres Anak Usia 13-15 Tahun pada Sistem Lima Hari Sekolah di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta tahun 2018”. Latar Belakang: Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 di Yogyakarta terdapat 8,1% remaja mengalami stres. Anak usia remaja awal tidak mampu mengatasi ancaman yang sedang dihadapi bisa muncul dari mental, fisik, emosional, bahkan spiritual seseorang tersebut. Sistem Lima Hari Sekolah mempunyai sisi negatif yaitu anak merasa bosan, sehingga menimbulkan stres di sekolah. Tujuan: Mengetahui hubungan dukungan teman sebaya dengan tingkat stres anak usia 13-15 tahun pada Sistem Lima Hari Sekolah di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta tahun 2018. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia 13-15 tahun SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman yang berjumlah 237 orang, dengan jumlah sampel 70 orang yang ditentukan menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis bivariat dengan chi square. Hasil: Hasil uji stastistik chi square dengan tingkat kemaknaan (α) 0,1 didapatkan nilai p-value (0,000) < α (0,1), dengan nilai Coefisien Contingensi (C) = 0,590 yaitu yang berarti nilai keeratan sedang. Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan dukungan teman sebaya dengan tingkat stres anak usia 13-15 tahun pada Sistem Lima Hari Sekolah. Saran: Peneliti lain yang ingin meneliti terkait dukungan teman sebaya dengan tingkat stres menggali lebih terkait faktor-faktor yang mempengaruhi pada Sistem Lima Hari Sekolah. Kata Kunci: Dukungan teman sebaya, tingkat stres, anak usia 13-15 tahun, Sistem Lima Hari Sekolah xviii + 148 halaman + 7 tabel + 2 skema + 26 lampiran Kepustakaan: 42, 2008-2017

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan teman sebaya; tingkat stres; anak usia 13-15 tahun; Sistem Lima Hari Sekolah
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 14 Sep 2019 06:29
Last Modified: 14 Sep 2019 06:29
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item