PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP KELANCARAN KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK AUTIS USIA PRA SEKOLAH DI PUSAT TERAPI AUTISME PERMATA ANANDA JARANAN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN 2018

ANDRIANO, YOSEF (2018) PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP KELANCARAN KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK AUTIS USIA PRA SEKOLAH DI PUSAT TERAPI AUTISME PERMATA ANANDA JARANAN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN 2018. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (YOSEF ANDRIANO)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (981kB) | Preview

Abstract

Yosep Andriano. “Pengaruh Brain Gym terhadap Kelancaran Komunikasi Verbal pada Anak Autis Usia Prasekolah di Pusat Terapi Autisme Permata Amanda Jaranan Banguntapan Bantul Yogyakarta Tahun 2018”. Latar Belakang : Pusat Terapi Yayasan Permata Ananda merupakan tempat terapis anak autisme, salah satu fasilitasnya adalah kelas bahasa. Siswa dalam kelas bahasa masih sulit berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama. Tujuan : Mengetahui pengaruh brain gym terhadap kelancaran komunikasi verbal pada anak autis usia prasekolah di Pusat Terapi Autisme Permata Amanda Jaranan Banguntapan Bantul Yogyakarta tahun 2018. Metode : Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest and posttest without control group. Populasinya adalah anak autisme usia pra sekolah di Pusat Terapi Autisme Permata Ananda Yogyakarta berjumlah 15 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah total populasi dengan jumlah sampel 15 orang. Pengumpulan data menggunakan Denver Developmental Screening Test II (DDST II). Analisis dalam penelitian ini menggunakan Wilcoxon Signed Test dengan komputerisasi. Hasil : Hasil p value sebesar 0,004 dengan tingkat kemaknaan α= 0.05 (p < 0.05) maka H0 ditolak dan Hα diterima. Kesimpulan : Ada pengaruh brain gym terhadap kelancaran komunikasi verbal pada anak autis usia prasekolah di Pusat Terapi Autisme Permata Amanda Jaranan Banguntapan Bantul Yogyakarta tahun 2018. Saran : Bagi institusi Pusat Terapi Autisme diharapkan senam brain gym dapat dijadikan sebagai intervensi dalam meningkatkan kelancaran komunikasi verbal pada anak autisme. Kata kunci : Brain Gym – DDST II – Kelancaran Komunikasi Verbal xix + 162 hal + 15 tabel + 19 gambar + 2 skema + 8 lampiran Kepustakaan : 52, 2007 – 2016

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brain Gym; DDST II; Kelancaran Komunikasi Verbal
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 618 Ginakologi dan Lain-Lain Kedokteran Khusus > 618.9 Pediatrik dan Geriatrik
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 18 Sep 2019 09:04
Last Modified: 18 Sep 2019 09:04
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item View Item