CHRISTY, BUNGA (2017) STUDI KUALITATIF DUKUNGAN EMOSIONAL KELUARGA PADA ANAK RETARDASI MENTAL SEDANG DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI GUMILIR CILACAP TAHUN 2017. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.
|
Text (BUNGA CHRISTY)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (956kB) | Preview |
Abstract
BUNGA CHRISTY, “Studi Kualitatif Dukungan Emosional Keluarga terhadap Anak Retardasi Mental Sedang di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Gumilir Cilacap Tahun 2017” Latar Belakang: Anak dengan retardasi mental mengalami kesulitan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Dukungan emosional secara teoritis meliputi dukungan simpati, empati, cinta, kepercayaan, dan penghargaan. Anak retardasi mental yang sedang menghadapi persoalan merasa dirinya tidak menanggung beban sendiri tetapi masih ada orang lain yang memperhatikan, mau mendengar segala keluhannya, bersimpati dan empati terhadap persoalan yang dihadapinya. Tujuan Penelitian: Desain penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian adalah 6 responden, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan wawancara mendalam. Analisa data dengan menggunakan cara transkripsi, koding, kategorisasi, verifikasi data dan triangulasi. Hasil: Simpati empati dengan cara kasihan, memberikan ajaran, memilih teman dalam lingkunganya dan kesabaran. Respon kasih sayang yang ditunjukan dengan menerima anak retardasi mental, memberikan apresiasi kasih sayang dalam ungkapan dan pemberian gift. Caregiver melindungi anak retardasi mental, membantu melakukan sosialisasi dan mengungkapkan reaksi emosi serta memberikan pendidikan pada anak retardasi mental. Anak retardasi mental dapat bermain dan beradaptasi dengan baik kepada anak-anak yang berumur 10-15 tahun. Kesimpulan: Simpati empati dari respon caregiver, respon kasih sayang yang diberikan caregiver, reaksi caregiver dalam melindungi anak retardasi mental dan kemampuan perkembangan yang dimiliki anak retardasi mental dapat mempengaruhi dukungan emosional keluarga pada anak retardasi mental.. Saran: Keluarga dapat menciptakan hubungan yang harmonis, komunikatif dan saling mendukung dalam keluarga, menghindarkan keluarga dari berbagai persepsi negatif tentang keterbelakangan mental dan masyarakat diharapkan untuk menjadi faktor pendukung dalam membantu aktivitas dan bersosialisasi anak retardasi mental. Kata kunci: Dukungan Emosional Keluarga, Retardasi Mental Sedang xviii + 82 hal + 7 lampiran + 3 tabel + 3 skema Kepustakaan: 60, 2005-2016
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Emosional Keluarga; Retardasi Mental Sedang |
Subjects: | 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 616 Penyakit-Penyakit > 616.8 Penyakit Pada Sistem Syaraf dan Gangguan Jiwa |
Divisions: | Prodi Sarjana Keperawatan |
Depositing User: | Yohana Adriani, A.Md |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 05:15 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 05:15 |
URI: | http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/306 |
Actions (login required)
View Item |