PENGARUH IMAJINASI TERBIMBING TERHADAP KONSEP DIRI REMAJA PUTRI DI PANTI ASUHAN BINA PUTRA BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019

KUSUMA, CEACILIA NIKA CANDRA (2019) PENGARUH IMAJINASI TERBIMBING TERHADAP KONSEP DIRI REMAJA PUTRI DI PANTI ASUHAN BINA PUTRA BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (CEACILIA NIKA CANDRA KUSUMA)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

CEACILIA NIKA CANDRA KUSUMA “Pengaruh Imajinasi Terbimbing terhadap Konsep Diri Remaja Putri di Panti Asuhan Bina Putra Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2019.” Latar Belakang: Remaja merupakan transisi dari anak menuju dewasa yang rentan dengan berbagai permasalahan. World Health Organization (WHO) memaparkan bahwa setengah dari gangguan jiwa dimulai saat usia remaja. Namun, kebanyakan kasus tidak terdeteksi dan terobati, menjadikan beban bagi remaja dan anak muda. Konsep diri positif perlu dikembangkan supaya terwujud kesehatan jiwa pada remaja. Tujuan: Mengetahui pengaruh imajinasi terbimbing terhadap konsep diri remaja putri di Panti Asuhan Bina Putra Bantul Tahun 2019. Metode: Desain Pre-Experimental dengan One group pretest-posttest. Populasi adalah remaja putri usia 15-18 tahun di Panti Asuhan Bina Putra Bantul yang berjumlah 42 remaja. Sampel berjumlah 22 remaja putri dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner Adolescents Self-concept Short Scale (ASCSS). Uji analisis menggunakan Paired t-test. Hasil: Setelah dilakukan intervensi imajinasi terbimbing didapatkan p value 0,000 dengan α 0,05 sehingga p value < 0,05. Kesimpulan: Ada pengaruh imajinasi terbimbing terhadap konsep diri remaja putri di Panti Asuhan Bina Putra Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2019. Saran: Peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian sebagai kelompok kontrol pada kelompok responden berbeda misalnya pada kelompok dewasa awal yang mengalami permasalahan gangguan konsep diri. Kata Kunci: imajinasi terbimbing-konsep diri-remaja xviii + 141 hal + 18 tabel + 2 skema + 16 lampiran Kepustakaan: 43, 2011-2018

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: imajinasi terbimbing; konsep diri-remaja
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 22 Sep 2020 02:30
Last Modified: 22 Sep 2020 02:30
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item View Item