PENGARUH PENYULUHAN GAYA BELAJAR TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MENGIKUTI ULANGAN HARIAN PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 5 YOGYAKARTA TAHUN 2018

SARMENTO, MELINA SANTOS (2019) PENGARUH PENYULUHAN GAYA BELAJAR TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MENGIKUTI ULANGAN HARIAN PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 5 YOGYAKARTA TAHUN 2018. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MELINA SANTOS SARMENTO)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Salah satu gangguan dalam ulangan harian yang memerlukan perhatian serius adalah kecemasan. SMPN 5 Yogyakarta merupakan salah satu SMPN ternama yang memiliki akreditasi A ketika peneliti mewawancarai 7 orang siswa kelas VII 5 siswa mengatakan cemas terkhusus pada matapelajaran Matematika. Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar 2013, prevalensi gangguan mental emosional (gejala-gejala depresi dan ansietas) di Indonesia sebesar 6% (lebih dari 14 juta jiwa) untuk usia <15 tahun keatas. Tujuan : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Penyuluhan Gaya Belajar Terhadap Tingkat Kecemasan Mengikuti Ulangan Harian Pada Siswa Kelas VII Di SMPN 5 Yogyakarta Tahun 2018” Metode : Desain penelitian Quasi Eksperiment dengan pendekatan one group pre-test and post-test design. Jumlah populasi 319 orang dan sampel 88 orang dengan teknik proportionate stratified random sampling. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil : Hasil sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan gaya belajar didapatkan p 0,000 (p<0,05). Kesimpulan: Penyuluhan gaya belajar memiliki pengaruh untuk menurunkan tingkat kecemasan pada siswa Kelas VII Di SMPN 5 Yogyakarta Tahun 2018 Saran: Diharapkan sekolah dapat memberikan penyuluhan tentang gaya belajar kepada siswa khususnya kelas VII karena kelas VII adalah kelas peralihan yang baru masuk sekolah, sehingga siswa mengetahui sejak awal tentang gaya belajar yang harus diterapkan. Kata kunci : Penyuluhan - penurunan tingkat kecemasan. xviii + 105 hal + 17 tabel + 4 skema + 9 lampiran Kepustakaan : 72, 2007-2017 1Mahasiswa S-I Ilmu Keperawatan, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta. 2Dosen Prodi S-I Ilmu Keperawatan, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan; penurunan tingkat kecemasan
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 618 Ginakologi dan Lain-Lain Kedokteran Khusus > 618.9 Pediatrik dan Geriatrik
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 03 Nov 2020 06:08
Last Modified: 03 Nov 2020 06:08
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item