HUBUNGAN ANTARA DURASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK PRE SCHOOL DI TAMAN KANAK-KANAK PANGUDI LUHUR YOGYAKARTA TAHUN 2019

VIANDANI, NATASHA (2019) HUBUNGAN ANTARA DURASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK PRE SCHOOL DI TAMAN KANAK-KANAK PANGUDI LUHUR YOGYAKARTA TAHUN 2019. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NATASHA VIANDANI)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

NATASHA VIANDANI. “Hubungan antara Durasi Penggunaan Gadget dengan Kemampuan Bahasa pada Anak Pre School di Taman Kanak-kanak Pangudi Luhur Yogyakarta Tahun 2019”. Latar Belakang : Perkembangan bahasa merupakan salah satu aspek pengembangan yang berperan penting dalam perkembangan anak serta mempengaruhi masa tumbuh kembang anak di masa selanjutnya. Pengenalan gadget terlalu dini pada anak dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor seperti frekuensi, durasi, dan pengawasan orang tua. Tujuan : Mengetahui hubungan antara durasi penggunaan gadget dengan kemampuan bahasa pada anak pre school di Taman Kanak-kanak Pangudi Luhur Yogyakarta tahun 2019. Metode : Desain penelitian ini adalah analitik korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan jumlah 139 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner durasi penggunaan gadget dan DDST II. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Chi Square. Hasil : Uji statistik dengan Chi-Square dengan tingkat kemaknaan (α) 0,05 didapatkan nilai p value = 0,013 (p value < α = 0,013 < 0,05), dengan tingkat keeratan 0,269 (rendah). Kesimpulan : Ada hubungan yang bermakna antara durasi penggunaan gadget dengan kemampuan bahasa pada anak pre school di Taman Kanak-kanak Pangudi Luhur Yogyakarta tahun 2019. Saran : Peneliti lain dapat melakukan penelitian lain tentang penggunaan gadget terhadap perkembangan motorik halus. Kata Kunci : Gadget – Bahasa – Perkembangan – DDST II xix + 106 halaman + 21 tabel + 2 skema + 2 gambar + 14 lampiran Kepustakaan : 56, 2006 – 2018

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gadget; Bahasa; Perkembangan; DDST II
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:10
Last Modified: 04 Dec 2020 08:05
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item