GAMBARAN PELAKSANAAN TERAPI BACK IN CONTROL (BIC) UNTUK MENGATASI PERILAKU ANAK PENYANDANG ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVE DISORDER (ADHD) DI SLB MARGANINGSIH SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2019

SUTIYO, ALEXANDER (2019) GAMBARAN PELAKSANAAN TERAPI BACK IN CONTROL (BIC) UNTUK MENGATASI PERILAKU ANAK PENYANDANG ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVE DISORDER (ADHD) DI SLB MARGANINGSIH SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2019. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

ALEXANDER SUTIYO Back In Control (BIC) Untuk Mengatasi Perilaku Anak Penyandang Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD) Di SLB Marganingsih Sleman Yogyakarta Tahun 2019 Latar Belakang : ADHD merupakan gangguan perilaku yang ditandai dengan inattention, hyperactive dan impulsivitas. ADHD dapat ditangani dengan terapi Back In Control (BIC) yaitu merupakan suatu terapi yang dikembangkan untuk memodifikasi perilaku anak dengan ADHD. Terapi ini dikatakan lebih baik dari terapi lainnya karena tidak memberikan rewards atau punishment. Tujuan: Mengetahui bagaimana gambaran pelaksanaan terapi Back In Control (BIC) untuk mengatasi perilaku anak penyandang Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD) Di SLB Marganingsih Sleman Yogyakarta Tahun 2019. Metode Penelitian: Desain penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri sebagai instrumen utama dibantu dengan pedoman wawancara dan alat perekam. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan di dapatkan 5 orang responden. Hasil: Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan terapi Back In Control (BIC) sudah sesuai dengan tatalaksana Back In Control (BIC). Kesimpulan: Dalam penelitian ini ditemukan tiga tema diantaranya tatalaksana terapi Back In Control (BIC), hal-hal yang mendukung pelaksanaan terapi Back In Control (BIC) dan hal-hal yang menghambat terapi Back In Control (BIC). Saran: Diharapkan pada peneliti selanjutnya untuk menggunakan metode observasi terhadap perilaku anak ADHD sebelum dan setelah diberikan program terapi Back In Control (BIC). Kata Kunci: Anak usia sekolah - ADHD - Terapi BIC - Perilaku xiii hal tabel skema lampiran Kepustakaan: 22, 1992 - 2016

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak usia sekolah; ADHD; Terapi BIC; Perilaku
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Twista Rama Sasi
Date Deposited: 07 May 2021 07:01
Last Modified: 07 May 2021 07:01
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item