MAHANANI, RESTU (2019) GAMBARAN SELF-DIRECTED LEARNING DALAM METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA 2019. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (769kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
RESTU MAHANANI. Gambaran Self-Directed Learning dalam Metode Problem Based Learning pada mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta 2019. Latar Belakang : Self-Directed Learning didefinisikan sebagai kemampuan mahasiswa mengambil inisiatif untuk bertanggung jawab terhadap pelajarannya dengan atau tanpa orang lain. Berdasar jurnal Meity (2017) didapatkan hasil SDL mahasiswa fakultas-fakultas kedokteran di Asia masih rendah. Hasil wawancara kepada 25 mahasiswa, 10 mahasiswa Tingkat I tujuh mengatakan mengatakan merasa kesulitan dengan metode PBL karena belum terbiasa untuk mencari materi sendiri. 10 mahasiswa tingkat II, lima mahasiswa merasa PBL semakin sulit karena mulai mempelajari sistem. Lima mahasiswa Tingkat III dua mahasiswa mengatakan merasa mulai bosan. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar kesiapan Self-Directed Learning pada mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatn STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta 2019. Metode : Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Sampel yang didapat adalah 148 mahasiswa dengan teknik proportional stratified random sampling. Analisa data menggunakan analisa univariat. Hasil : Hasil penelitian menunjukan dari 148 responden mayoritas memiliki kategori self directed learning tinggi yaitu sebanyak 123 mahasiswa (83,1%). Kesimpulan : Kesimpulan penelitian gambaran Self Directed Learning dalam Metode Problem Based Learning dalam kategori tinggi. Saran : Peneliti menyarankan untuk peneliti lain meneliti tentang Self-Directed Learning mengunakan metode kualitatif. Kata Kunci : Self Directed Learning Problem Based Learning Xvi+71 halaman+10 tabel+2 skema+11 lampiran Kepustakaan : 30, 2010-2018
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self; Directed; Learning; Problem; Based; Learning |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) |
Divisions: | Prodi Sarjana Keperawatan |
Depositing User: | Twista Rama Sasi |
Date Deposited: | 07 May 2021 06:47 |
Last Modified: | 07 May 2021 06:47 |
URI: | http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/714 |
Actions (login required)
View Item |