PENGARUH EDUKASI DENGAN METODE CERAMAH BRAINSTROMING DEMONSTRASI TERHADAP SELF EFFICACY ORANG TUA BALITA SELAMA MERAWAT ANAK SETELAH IMUNISASI DI KLINIK MUAWANAH SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN 2020

AFRIANSYAH, RIZKA FAJAR (2020) PENGARUH EDUKASI DENGAN METODE CERAMAH BRAINSTROMING DEMONSTRASI TERHADAP SELF EFFICACY ORANG TUA BALITA SELAMA MERAWAT ANAK SETELAH IMUNISASI DI KLINIK MUAWANAH SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN 2020. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rizka Fajar Afriansyah. “Pengaruh edukasi dengan metode ceramah brainstorming demontrasi (CBD) terhadap self efficacy orang tua balita selama proses imunisasi di Klinik Muawanah Semanu Gunungkidul tahun 2020”. Latar Belakang: Kurangnya pemahaman orang tua tentang imunisasi menimbulkan rasa khawatir mengenai efek yang ditimbulkan setelah imunisasi. Cara untuk mengatasi rasa khawatir tersebut orangtua harus memiliki keyakinan yang positif. Upaya untuk meningkatkan keyakinan seseorang yaitu dengan cara meningkatkan pengetahuannya dengan cara memberikan pendidikan kesehatan Tujuan: Mengetahui pengaruh edukasi dengan metode ceramah brainstorming demontrasi (CBD) terhadap self efficacy orang tua balita selama proses imunisasi di Klinik Muawanah Semanu Gunungkidul tahun 2020. Metode: Jenis penelitian ini quasi eksperimental dengan pre test and post test without control group. Populasi orangtua balita berjumlah 50 orang. Teknik sampling menggunakan simple random sampling sebanyak 26 orang. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dengan komputerisasi. Hasil: Self efficacy responden sebelum edukasi 100% dalam kategori rendah. Self efficacy responden sesudah edukasi Sebagian besar dalam kategori tinggi sebanyak 92.3%. Hasil uji wilcoxon didapatkan hasil p value sebesar 0.000 (P value < 0,05). Kesimpulan: Ada pengaruh edukasi dengan metode ceramah brainstorming demontrasi (CBD) terhadap self efficacy orang tua balita selama merawat anak setelah imunisasi di Klinik Muawanah Semanu Gunungkidul Tahun 2020. Saran: Bagi peneliti selanjutnya melakukan dan mengembangkan penelitian yang lebih mendalam dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi self efficacy seperti peran individu dalam lingkungan, reward, kondisi fisik dan emosional Kata kunci: Imunisasi – Self Efficacy – Pendidikan Kesehatan xvii + 92 hal + 9 tabel + 10 lampiran + 2 skema Kepustakaan: 43, 2008 – 2018

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Imunisasi; Self Efficacy; Pendidikan Kesehatan
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Twista Rama Sasi
Date Deposited: 07 May 2021 02:47
Last Modified: 07 May 2021 02:47
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item View Item