PERSEPSI PASIEN TENTANG PERILAKU CARING PERAWAT DI RUANG LANTAI 8 UTARA RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA JAWA TENGAH DESEMBER 2017-JANUARI 2018

SETYOWATI, ENDANG (2018) PERSEPSI PASIEN TENTANG PERILAKU CARING PERAWAT DI RUANG LANTAI 8 UTARA RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA JAWA TENGAH DESEMBER 2017-JANUARI 2018. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ENDANG SETYOWATI)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Endang Setyowati: “Persepsi Pasien tentang Perilaku Caring Perawat di Ruang Lantai 8 Utara Rumah Sakit Dr.Oen Surakarta Jawa Tengah Desember 2017- Januari 2018”. Latar Belakang: Caring merupakan proses interpersonal antara perawat dan pasien. Caring sebagai kesatuan nilai-nilai kemanusiaan yang universal (kebaikan, kepedulian dan cinta terhadap diri sendiri dan orang lain). Sebagian perawat belum memahami dan berperilaku caring secara utuh. Perawat masih berfokus pada rutinitas pekerjaan dan kurang memahami kebutuhan pasien secara utuh sehingga perilaku caring seringkali terabaikan. Tujuan: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi pasien tentang perilaku caring perawat di ruang Lantai 8 Utara Rumah Sakit Dr.Oen Surakarta Jawa Tengah pada bulan Desember 2017-Januari 2018. Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pasien yang dirawat di ruang Lantai 8 Utara Rumah Sakit Dr.Oen Surakarta Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling dengan responden 132 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner CBA yang dimodifikasi peneliti. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriftif. Hasil: Hasil penelitian didapatkan persepsi pasien tentang perilaku caring perawat adalah cukup (15,2%) dan baik (84,8%). Kesimpulan: Perilaku caring perawat di ruang Lantai 8 Utara Rumah Sakit Dr.Oen Surakarta Jawa Tengah pada bulan Desember 2017-Januari 2018 sebagian besar adalah baik. Saran: Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan perilaku caring perawat. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian tentang persepsi perilaku caring perawat pada pasien dengan penyakit terminal. Kata kunci: Perilaku caring - persepsi pasien xvii + 72 halaman + 13 tabel + 2 skema + 15 lampiran Kepustakaan: 34, 2007-2017

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku caring; persepsi pasien
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 610.7 Pendidikan, Penelitian, Perawatan, Topik-Topik berkaitan
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 05 Sep 2019 07:13
Last Modified: 06 Sep 2019 06:34
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item View Item