PENGARUH TERAPI BERMAIN DRAMATIC PLAY TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK BOPKRI GONDOLAYU YOGYAKARTA TAHUN 2018

BAAN, FILDA .S (2018) PENGARUH TERAPI BERMAIN DRAMATIC PLAY TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK BOPKRI GONDOLAYU YOGYAKARTA TAHUN 2018. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Filda S. Baan. “Pengaruh Terapi Bermain Dramatic Play terhadap Tingkat Kemandirian Anak Usia Prasekolah di TK BOPKRI Gondolayu Yogyakarta Tahun 2018”. Latar Belakang: Tingkat kemandirian anak prasekolah di TK BOPKRI Gondolayu belum seluruhnya tinggi. Hasil studi awal didapatkan masih terdapat anak yang memiliki kemandirian kurang. Dunia anak adalah dunia bermain sehingga akan lebih mudah untuk mengajarkan sesuatu pada anak dengan metode bermain. Tujuan: Mengetahui adakah pengaruh terapi bermain dramatic play terhadap tingkat kemandirian anak usia prasekolah di TK BOPKRI Gondolayu Yogyakarta tahun 2018 Metode: Desain penelitian Quasi Eksperiment dengan rancangan One Group Pre and Post Test without Control. Populasi penelitian ini adalah 62 anak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner modifikasi Modified WeeFIM yang dilakukan sebelum dan sesudah diberikan intervensi sebanyak 6 kali. Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk dan analisa data dengan uji statistik Wilcoxon. Hasil: Hasil analisis menunjukkan p value = 0,000 dengan tingkat kemaknaan p<0,005 sehingga Hα diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukan ada pengaruh terapi bermain dramatic play terhadap tingkat kemandirian anak usia prasekolah. Saran: Peneliti selanjutnya disarankan untuk dapat mengendalikan bias dengan melakukan kunjungan rumah atau melakukan observasi ulang dari hasil pre test dan post test. Kata kunci : Terapi Bermain Dramatic Play, Tingkat Kemandirian, Prasekolah xix + 95 halaman + 9 Tabel + 3 Skema + 23 Lampiran Kepustakaan: 36, 2007-2018

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terapi Bermain Dramatic Play; Tingkat Kemandirian; Prasekolah
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 06 Sep 2019 05:56
Last Modified: 06 Sep 2019 05:56
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item