PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP ATENSI PENYANDANG AUTISM SPECTRUM DISORDER DI PUSAT TERAPI PERMATA ANANDA YOGYAKARTA AGUSTUS 2016

PRAHARA, PETRUS KINGKIN (2016) PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP ATENSI PENYANDANG AUTISM SPECTRUM DISORDER DI PUSAT TERAPI PERMATA ANANDA YOGYAKARTA AGUSTUS 2016. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum.

[img]
Preview
Text (PETRUS KINGKIN PRAHARA)
1 Halaman Depan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
3 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
4 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
5 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
6 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7 Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PETRUS KINGKIN PRAHARA. “Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Atensi Penyandang Autism Spectrum Disorder di Pusat Terapi Permata Ananda yogyakarta Agustus 2016”. Latar Belakang: Atensi terbagi dalam tiga komponen, yaitu: alerting, orienting dan executive control. Ketiga fungsi ini berperan dalam memperoleh, mempertahankan dan merespon sebuah stimulus. Defisit atensi sering ditemukan pada penyandang ASD. Stimulus yang tepat dapat meningkatkan kemampuan atensi. Terapi bermain puzzle dapat digunakan untuk meningkatkan atensi. Tujuan: Mengetahui pengaruh terapi bermain puzzle terhadap atensi penyandang Autism Spectrum Disorder di pusat terapi Permata Ananda Yogyakarta Agustus 2016. Metode: Desain penelitian ini adalah pre experimental dengan rancangan one group pretest-posttest. Treatment berupa terapi bermain puzzle dan dilakukan lima kali pada 31 responden penyandang Autism Spectrum Disorder di pusat terapi Permata Ananda Yogyakarta Agustus 2016. Analisis data menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil: Sebelum dilakukan terapi bermain puzzle dari 31 responden 20 responden (65%) memiliki kategori atensi cukup, 10 responden (32%) kategori kurang setelah dilakukan terapi bermain puzzle sebanyak 11 responden (35%) memiliki kategori cukup dan 7 responden (23%) kategori kurang. Analisis statistik menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test menunjukkan hasil dengan signifikansi p=0,044 dengan α=0,05, sehingga (p<0,05) yang berarti H0 ditolak dan Hα diterima. Kesimpulan: Ada pengaruh terapi bermain puzzle terhadap atensi penyandang Autism Spectrum Disorder di pusat terapi Permata Ananda Yogyakarta Agustus 2016. Saran: Terapis dan tenaga kesehatan lain perlu membangun pendekatan personal dalam memberi treatment pada penyandang Autism Spectrum Disorder. Kata Kunci: Terapi Bermain Puzzle, Atensi, Penyandang ASD xix+102Halaman+12Tabel+2Skema+12Lampiran. Kepustakaan: 52, 2010-2016

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terapi Bermain Puzzle, Atensi, Penyandang ASD
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Krisno Tri Prasetyo
Date Deposited: 20 Sep 2019 09:12
Last Modified: 20 Sep 2019 09:12
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item View Item