Ariawan, Meirachel D’amorina Widi and Yullya Permina, - and I Wayan Sudarta, - and Nimsi Melati, - (2024) Gambaran Minat Belajar Mahasiswa Keperawatan Pada Pembelajaran Luring Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13 (2). pp. 221-230. ISSN 2721-8007
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Peralihan pembelajaran daring ke luring membuat mahasiswa harus beradaptasi kembali sehingga menyebabkan minat belajar mahasiswa berkurang. Studi awal yang dilakukan kepada 10 mahasiswa ditemukan lebih minat dengan pembelajaran online karena bisa melakukan banyak kegiatan dibandingkan offline yang mempunyai banyak hambatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran minat belajar mahasiswa keperawatan pada pembelajaran luring pasca pandemi Covid-19 di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2024. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data wawancara mendalam (deep interview). Teknik analisis data dengan metode transkiping, koding, kategorisasi, tema, dan triangulasi sumber. Populasi mahasiswa Prodi Sarjana Keperawatan tingkat III angkatan 2021 berjumlah 61 mahasiswa dengan purposive sampling, sampel 7 mahasiswa. Hasil penelitian dari wawancara didapatkan 26 koding dan 6 tema: 1) Dampak pembelajaran, 2) Mengatasi bosan pembelajaran, 3) Motivasi pembelajaran, 4) Hambatan pembelajaran, 5) Organisasi kelas, 6) Proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah minat belajar mahasiswa lebih senang mengikuti pembelajaran secara luring karena materi lebih mudah dipahami, bisa langsung berinteraksi dengan dosen dan teman – teman.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar; pembelajaran luring; paska covid-19 |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) |
Divisions: | Prodi Sarjana Keperawatan |
Depositing User: | Twista Rama Sasi |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 08:47 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 08:47 |
URI: | http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/4662 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |