HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA SARJANA KEPERAWATAN SEMESTER 3 DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2021

ELLISABET, EKA KRISTIN (2021) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA SARJANA KEPERAWATAN SEMESTER 3 DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2021. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NASKAH PUBLIKASI)
EKA KRISTIN ELLISABET.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text (EKA KRISTIN ELLISABET)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

EKA KRISTIN ELLISABET. “Hubungan Motivasi Belajar Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Sarjana Keperawatan Semester 3 Di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2021”. Latar Belakang: Covid-19 menyebabkan pembelajaran di perguruan tinggi dilakukan secara daring. Pembelajaran secara daring pada mahasiswa sarjana keperawatan dapat menyebabkan mahasiswa tidak memahami materi yang diberikan. Terutama proses pembelajaran yang seharusnya dilakukan secara praktik. Hal ini dapat menyebabkan motivasi belajar dari mahasiswa menurun dan dapat menurunnya indeks prestasi. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Motivasi Belajar Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Sarjana Keperawatan Semester 3. Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah analisis korelasi dengan pendekatan cross sectional, teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling 92 mahasiswa. Alat ukur menggunakan kuesioner motivasi belajar dan obeservasi indeks prestasi. Analisis data kedua variabel menggunakan uji statistik Kendall Tau. Hasil Penelitian: Hasil uji statistik Kendall Tau menunjukkan ada hubungan antara motivasi belajar secara daring dengan indeks prestasi mahasiswa sarjana keperawatan semester 3 p-value < α = 0,001 < 0,005 dan nilai contigency coefficient 0,337. Kesimpulan: Ada hubungan antara motivasi belajar secara daring di masa pandemi Covid-19 dengan indeks prestasi mahasiswa sarjana keperawatan semester 3 di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2021. Saran: Diharapkan peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang berhubungan dengan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar secara daring dengan indeks prestasi mahasiswa dengan cara wawancara. Kata Kunci: Perkuliahan daring - Motivasi belajar – Indeks prestasi xxix + 70 hal + 8 tabel + 2 skema + 12 lampiran Kepustakaan : 34, 2009-2020

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkuliahan daring; Motivasi belajar; Indeks prestasi
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:05
Last Modified: 15 Mar 2023 07:05
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/1492

Actions (login required)

View Item View Item