STUDI DESKRIPTIF PERSEPSI PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI DAN PERILAKU CARING PERAWAT DI KLINIK CENDRAWASIH DOBO MALUKU 2018

KELWULAN, PAULA (2018) STUDI DESKRIPTIF PERSEPSI PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI DAN PERILAKU CARING PERAWAT DI KLINIK CENDRAWASIH DOBO MALUKU 2018. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum.

[img]
Preview
Text (PAULA KELWULAN)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PAULA KELWULAN. “Studi Deskriptif Persepsi Pasien Terhadap Komunikasi dan Perilaku Caring Perawat Di Klinik Cendrawasih Dobo Maluku 2018” Latar Belakang: Meningkatnya kunjungan pasien ke tempat pelayanan kesehatan tidak lepas dari pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan khususnya perawat. Bentuk pelayanan yang baik dapat diberikan oleh perawat dengan cara berkomunikasi secara efektif, berperilaku caring, memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi serta sikap yang profesional saat memberikan pelayanan kesehatan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti lima pasien yang datang ke BP/RB Cendrawasih, satu orang mengatakan pelayanan yang diberikan oleh perawatnya sudah baik dengan pelayanan yang baik, tetapi terkadang dalam menyampaikan informasi banyak yang masih tidak dimengerti. Satu orang lagi mengatakan terkadang ada perawat yang saat bertugas tidak menunjukan sikap yang peduli kepada pasiennya. Tujuan Penelitian: Mengetahui persepsi pasien terhadap komunikasi dan perilaku perawat di Klinik Cendrawasih Dobo Maluku 2018. Metode Penelitian: Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Klinik BP/RB Cendrawasih Dobo sebanyak 100 orang.Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 70 orang.Analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil Penelitian: Karakteristik responden di Klinik Cendrawasih Dobo Maluku 2018 berdasarkan usia sebagian besar berusia 25 – 35 tahun sebanyak 44,3%, dengan pendidikan SMA sebanyak 52,9% dengan jenis kelamin perempuan sebanyak 57,1%. Gambaran persepsi pasien terhadap komunikasi perawat di Klinik Cendrawasih Dobo Maluku 2018 sebagian besar memiliki kategori baik sebanyak 45 (64,3%). Gambaran persepsi pasien terhadap perilaku perawat di Klinik Cendrawasih Dobo Maluku 2018 sebagian besar dengan kategori baik sebanyak 40 (57,1%). Saran: Bagi klinik Cendrawasih Dobo yaitu petugas kesehatan khususnya perawat yang memberikan perawatan agar lebih memperhatikan komunikasi dan perilaku perawat caring terhadap pasien agar pasien mempunyai persepsi yang baik tentang komunikasi dan perilaku caring perawat, sehingga dapat memberikan persepsi yang baik kepada pasien. Kata Kunci: Persepsi Pasien, Komunikasi, Perilaku Caring Perawat xv + 95 hal + 9 lampiran + 4 skema Kepustakaan : 41, 2008 – 2014

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pasien; Komunikasi; Perilaku Caring Perawat
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 13 Sep 2019 05:35
Last Modified: 13 Sep 2019 05:35
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item View Item