Utami, Tri (2022) PENGARUH EDUKASI OLEH PEER (TEMAN SEBAYA) TERHADAP PERSEPSI BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TRUCUK KLATEN TAHUN 2022. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.
|
Text (TRI UTAMI)
NASKAH PUBLIKASI-TRI UTAMI.pdf Download (714kB) | Preview |
|
|
Text (TRI UTAMI)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (346kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (393kB) | Preview |
Abstract
TRI UTAMI. “Pengaruh Edukasi oleh Peer (Teman Sebaya) Terhadap Persepsi Bullying di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Trucuk Klaten Tahun 2022”. Latar Belakang : Tindakan bullying menyebabkan dampak buruk bagi psikis dan gangguan kecemasan bagi korban. Persepsi setiap orang akan berbeda dalam melihat peristiwa bullying, begitu pula seorang pelaku yang berbeda dalam mempersepsikan tindakan bullying yang dilakukannya. Edukasi oleh peer mengenai bullying dengan metode ceramah diharapkan mampu meningkatkan persepsi bullying. Studi pendahuluan di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten diperoleh 96.8% pernah mengalami tindakan bullying. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh edukasi peer (teman sebaya) terhadap persepsi bullying di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten tahun 2022. Metode Penelitian : Desain Penelitian Quasi Exsperimental design dengan One Group Pretest-Post Test Design without control group. Penelitian menggunakan simple random sampling dengan total 31 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner Persepsi Bullying. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil : Hasil penelitian menunjukan sebagian besar perempuan 16 responden. usia terbanyak 14 tahun dan mempunyai saudara sebanyak 15 responden. Persepsi bullying sebelum diberikan edukasi 15 responden kategori baik sekali dan setelah edukasi 23 responden kategori baik sekali. Uji Wilcoxon diperoleh p-value 0,003. Kesimpulan : Ada pengaruh edukasi oleh peer (teman sebaya) terhadap persepsi bullying di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten tahun 2022. Saran : Peneliti selanjutnya perlu melakukan penelitian pada remaja dilingkungan baru tentang bullying. Kata Kunci : Edukasi oleh peer (teman Sebaya) – Persepsi bullying Vii + 70 halaman + 16 tabel + 4 skema + 16 lampiran Daftar Pustaka: 40, (2010-2022)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edukasi oleh peer (teman Sebaya) – Persepsi bullying |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology |
Divisions: | Prodi Sarjana Keperawatan |
Depositing User: | Twista Rama Sasi |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 02:37 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 02:37 |
URI: | http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/2442 |
Actions (login required)
View Item |