PENGARUH EDUKASI OLEH PEER (TEMAN SEBAYA) TERHADAP PERSEPSI BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TRUCUK KLATEN TAHUN 2022

Utami, Tri (2022) PENGARUH EDUKASI OLEH PEER (TEMAN SEBAYA) TERHADAP PERSEPSI BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TRUCUK KLATEN TAHUN 2022. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (TRI UTAMI)
NASKAH PUBLIKASI-TRI UTAMI.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text (TRI UTAMI)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

TRI UTAMI. “Pengaruh Edukasi oleh Peer (Teman Sebaya) Terhadap Persepsi Bullying di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Trucuk Klaten Tahun 2022”. Latar Belakang : Tindakan bullying menyebabkan dampak buruk bagi psikis dan gangguan kecemasan bagi korban. Persepsi setiap orang akan berbeda dalam melihat peristiwa bullying, begitu pula seorang pelaku yang berbeda dalam mempersepsikan tindakan bullying yang dilakukannya. Edukasi oleh peer mengenai bullying dengan metode ceramah diharapkan mampu meningkatkan persepsi bullying. Studi pendahuluan di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten diperoleh 96.8% pernah mengalami tindakan bullying. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh edukasi peer (teman sebaya) terhadap persepsi bullying di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten tahun 2022. Metode Penelitian : Desain Penelitian Quasi Exsperimental design dengan One Group Pretest-Post Test Design without control group. Penelitian menggunakan simple random sampling dengan total 31 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner Persepsi Bullying. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil : Hasil penelitian menunjukan sebagian besar perempuan 16 responden. usia terbanyak 14 tahun dan mempunyai saudara sebanyak 15 responden. Persepsi bullying sebelum diberikan edukasi 15 responden kategori baik sekali dan setelah edukasi 23 responden kategori baik sekali. Uji Wilcoxon diperoleh p-value 0,003. Kesimpulan : Ada pengaruh edukasi oleh peer (teman sebaya) terhadap persepsi bullying di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten tahun 2022. Saran : Peneliti selanjutnya perlu melakukan penelitian pada remaja dilingkungan baru tentang bullying. Kata Kunci : Edukasi oleh peer (teman Sebaya) – Persepsi bullying Vii + 70 halaman + 16 tabel + 4 skema + 16 lampiran Daftar Pustaka: 40, (2010-2022)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Edukasi oleh peer (teman Sebaya) – Persepsi bullying
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Twista Rama Sasi
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:37
Last Modified: 02 Feb 2024 02:37
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/2442

Actions (login required)

View Item View Item