SUSILOWATI, DWI (2023) PERBEDAAN PENGARUH STORYTELLING BONEKA JARI DAN BERMAIN PUZZLE TERHADAP KECEMASAN ANAK PRASEKOLAH DI RS PANTI WILASA Dr. CIPTO SEMARANG TAHUN 2023. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.
|
Text (DWI SUSILOWATI)
NASKAH PUBLIKASI_DWI SUSILOWATI_2206011.pdf Download (736kB) | Preview |
|
|
Text (DWI SUSILOWATI)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (829kB) | Preview |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) | Request a copy |
||
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (958kB) | Request a copy |
||
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) | Request a copy |
||
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (789kB) | Request a copy |
||
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (858kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang : Kecemasan pada anak usia prasekolah yang sedang menjalani hospitalisasi dapat menghambat dan menyulitkan proses pengobatan yang berdampak terhadap penyembuhan pada anak sehingga memperpanjang masa rawat dan berisiko terkena komplikasi dari infeksi nosokomial serta menimbulkan trauma pada anak. Tujuan Penelitian : Menganalisis karakteristik responden anak usia prasekolah yang meliputi umur dan jenis kelamin sebelum dan setelah pelaksanaan storytelling boneka jari dan bermain puzzle terhadap kecemasan anak prasekolah di RS Panti Wilasa Dr. Cipto Semarang Tahun 2023. Metode Penelitian : Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu two group pre-post test design dengan model quasy experimental. Teknik pengambilan sampel dengan cara accidental sampling dengan jumlah sampel 32 orang responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner DASS dan pengujian data menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil Penelitian : Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,002. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara storytelling boneka jari dan permainan puzzle dalam menurunkan kecemasan anak usia prasekolah yang sedang menjalani hospitalisasi. Kesimpulan : Penggunaan storytelling boneka jari dan permainan puzzle kepada anak usia prasekolah yang sedang menjalani hospitalisasi terjadi perbedaan pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi storytelling boneka jari dan permainan puzzle. Kata Kunci: storytelling boneka jari, permainan puzzle, kecemasan, anak usia prasekolah, hospitalisasi xv + 75 halaman + 14 Tabel + 3 Skema + 16 Lampiran Kepustakaan: 45, 2013 – 2022.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | storytelling boneka jari, permainan puzzle, kecemasan, anak usia prasekolah, hospitalisasi |
Subjects: | 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 618 Ginakologi dan Lain-Lain Kedokteran Khusus > 618.9 Pediatrik dan Geriatrik |
Divisions: | Prodi Sarjana Keperawatan |
Depositing User: | Twista Rama Sasi |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 05:45 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 05:45 |
URI: | http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/3076 |
Actions (login required)
View Item |