GAMBARAN PELAKSANAAN MUTU PELAYANAN DITINJAU DARI ASPEK KEPERAWATAN DI RUANG PERINATOLOGI RUMAH SAKIT KRISTEN NGESTI WALUYO TAHUN 2024

HANDAYANI, FRANSISKA DWI (2024) GAMBARAN PELAKSANAAN MUTU PELAYANAN DITINJAU DARI ASPEK KEPERAWATAN DI RUANG PERINATOLOGI RUMAH SAKIT KRISTEN NGESTI WALUYO TAHUN 2024. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img] Text (FRANSISKA DWI HANDAYANI)
NASKAH PUBLIKASI-FRANSISKA DWI HANDAYANI-2206064.pdf

Download (387kB)
[img] Text (FRANSISKA DWI HANDAYANI)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (886kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstract

FRANSISKA DWI HANDAYANI. “Gambaran Pelaksanaan Mutu Pelayanan Ditinjau dari Aspek Keperawatan di Ruang Perinatologi Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo Tahun 2024”. Latar Belakang: Kepuasan pasien menjadi tolok ukur nilai mutu pelayanan. Aspek pelayanan meliputi tangible, emphaty, assurance, responsiveness dan reliability. RSK Ngesti Waluyo Parakan sedang melakukan pembangunan gedung, mengakibatkan perubahan pada sarana prasarana ruang perinatologi. Ruangan dimodifikasi menyesuaikan ketersediaan luasan dan jumlah kamar yang ada, sehingga perawat, pasien dan keluarga mengalami beberapa hambatan. Mutu layanan harus menjadi prioritas dalam berbagai kondisi dan situasi rumah sakit, demi keselamatan pasien. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran pelaksanaan mutu pelayanan ditinjau dari aspek keperawatan di Ruang Perinatologi Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo tahun 2024. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif, melibatkan 7 partisipan perawat ruang perinatologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam semi-terstruktur dan observasi. Analisis data menggunakan content analysis. Hasil: Muncul 43 koding, 21 kategori dan 5 tema. Tema: Pemanfaatan faskes/sarana prasarana yang ada, dilaksanakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan pasien; Pelaksanaan askep paripurna dilaksanakan sesuai SOP untuk memenuhi kebutuhan biologis dan spiritual, serta kolaborasi; Kebutuhan pasien dan keluarga terpenuhi, dipastikan melalui edukasi dan pengecekan berulang, sehingga pasien dan keluarga puas dan tidak ada komplain; Penjaminan keselamatan pasien dan keluarga dilakukan dengan cara identifikasi pasien sesuai dengan program. Kesimpulan: Pelaksanaan mutu pelayanan dari aspek perawatan di ruang perinatologi selama masa pembangunan dilakukan dengan pemanfaatan sarana prasarana menyesuaikan kebutuhan, menaati SOP dalam tindakan keperawatan, melakukan edukasi dan cek ulang pemenuhan kebutuhan, serta penjaminan keselamatan pasien. Saran: Rumah sakit harus memenuhi kelayakan sarana prasarana ruang perinatologi selama masa pembangunan, mengelola jumlah dan meningkatan kompetensi perawat untuk peningkatan mutu pelayanan. Kata Kunci: Mutu, Pelayanan, Asuhan Keperawatan, Perinatologi XIV+106 halaman + 10 tabel + 2 gambar + 11 lampiran Kepustakaan: 41, 2013-2022

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mutu, Pelayanan, Asuhan Keperawatan, Perinatologi
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 610.7 Pendidikan, Penelitian, Perawatan, Topik-Topik berkaitan
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Twista Rama Sasi
Date Deposited: 13 Sep 2024 03:03
Last Modified: 13 Sep 2024 03:03
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/3800

Actions (login required)

View Item View Item