PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STORYTELLING TERHADAP PERUBAHAN MINAT SISWA MENGKONSUMSI SAYURAN DI TK PERTIWI 25 GROGOL GUNUNGKIDUL TAHUN 2020

PURNAMAWATI, ANDARI (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STORYTELLING TERHADAP PERUBAHAN MINAT SISWA MENGKONSUMSI SAYURAN DI TK PERTIWI 25 GROGOL GUNUNGKIDUL TAHUN 2020. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NASKAH PUBLIKASI)
ANDARI PURNAMAWATI.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ANDARAI PURNAWATI)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

ANDARI PURNAMAWATI “Pengaruh Metode Pembelajaran Storytelling terhadap Perubahan Minat Siswa Mengkonsumsi Sayuran di Tk Pertiwi 25 Grogol GunungkidulTahun 2020” Latar belakang : Usia prasekolah merupakan masa perkembangan pesat pada anak. Untuk mengimbanginya, anak membutuhkan asupan gizi adekuat untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, perilaku makan menjadi berubah. Anak menolak mengkonsumsi sayuran dan hanya memilih makanan yang disukai seperti makanan cepat saji. Tujuan : Mengetahui pengaruh media pembelajaran storytelling terhadap perubahan minat siswa mengkonsumsi sayuran. Metode : Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan rancangan one group pre-test post-test design. Penelitian dilakukan di TK Pertiwi 25 Grogol. Jumlah sampel 29 responden. Alat ukur menggunakan kuesioner. Hasil : Analisa univariat menggunakan persentase dan analisa bivariate menggunakan uji korelasi nonparametrik Spearman Rank menunjukkan bahwa ada pengaruh storytelling terhadap minat siswa dengan nilai signifikasi sebesar 0,001%. Kesimpulan : Ada pengaruh metode pembelajaran storytelling terhadap perubahan minat siswa mengkonsumsi sayuran di TK Pertiwi 25 Grogol. Saran : Diharapkan peneliti selanjutnya dapat meneliti pengaruh lain dari metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat siswa dalam mengkonsumsi sayuran. Kata kunci : Metode pembelajaran storytelling - minat siswa – sayuran - usia prasekolah xvi + 59 hal + 8 tabel + 3 skema + 8 lampiran Kepustakaan : 37, 2010-2020

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran storytelling; minat siswa; sayuran; usia prasekolah
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 613 Kesehatan Umum dan Perorangan > 613.04 Kesehatan jenis kelamin dan kelompok umur tertentu
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 15 Mar 2023 06:50
Last Modified: 15 Mar 2023 06:50
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item View Item