HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN INTELEKTUAL DENGAN HASIL BELAJAR PADA ANAK TK TUNAS WISATA DI AMBARRUKMO CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA SEPTEMBER TAHUN 2015

BANJAR, GENTRA ABE PUTRA (2016) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN INTELEKTUAL DENGAN HASIL BELAJAR PADA ANAK TK TUNAS WISATA DI AMBARRUKMO CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA SEPTEMBER TAHUN 2015. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum.

[img]
Preview
Text (GENTRA ABE PUTRA BANJAR)
1 Halaman Depan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
3 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
4 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
5 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7 Daftar Pustaka.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

GENTRA ABE PUTRA BANJAR. “Hubungan antara Tingkat Kecerdasan Intelektual dan Hasil Belajar pada Anak TK Tunas Wisata di Ambarrukmo Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta bulan September 2015”. Latar Belakang: Kecerdasan merupakan kemampuan dan bakat yang dimiliki oleh setiap anak. Setiap anak memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda. Anak yang kurang kecerdasannya umumnya belajar lebih lamban sehingga memperoleh hasil belajar yang kurang maksimal. Keberhasilan seseorang dalam belajar dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan. Kecerdasan dan hasil belajar dirasa saling berkaitan dan patut untuk diteliti. Tujuan Penelitian: Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecerdasan intelektual dengan hasil belajar pada anak TK Tunas Wisata Ambarrukmo Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta September 2015. Metode Penelitian: Penelitian yang menggunakan pendekatan cross sectional ini dilaksanakan di TK Tunas Wisata pada bulan September 2015. Populasi penelitian berjumlah 60 anak dengan sampel sebanyak 20 anak melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui tes WPPSI dan dianalisa menggunakan uji koefisien korelasi Kendall. Hasil Penelitian: Responden berjumlah 20 orang (100%) memiliki skor IQ dengan kategori diatas rata-rata. Pada hasil belajar anak ditemukan 16 anak (80%) dengan kategori “Baik” dan 4 anak dengan kategori “Sangat Baik”. Perolehan koefisien korelasi kendall adalah Hα : 0,284 > 0 dan z 1,750 > z tabel 1,645. Kesimpulan: Ada hubungan antara kecerdasan intelektual (Intelligence Quotient - IQ) dan hasil belajar anak di TK Tunas Wisata. Saran: Mempelajari lebih lanjut mengenai kecerdasan intelektual dan hasil belajar dengan menggunakan sampel yang lebih banyak dan model tes beragam, serta mengembangkan penelitian dengan menambahkan variabel berbeda. Kata Kunci: Kecerdasan Intelektual (IQ), Tes Kecerdasan Intelektual, Hasil Belajar. xv+ 59 halaman + 23 tabel + 8 lampiran + 2 skema Kepustakaan: 25, 2002-2015

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Intelektual (IQ), Tes Kecerdasan Intelektual, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Krisno Tri Prasetyo
Date Deposited: 12 Sep 2019 09:28
Last Modified: 12 Sep 2019 09:28
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item