STUDI KOMPARASI KEMANDIRIAN ANAK USIA 2-4 TAHUN PADA PROGRAM FULLDAY DAN HALFDAY DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BABUSSALAM PREMBULAN KULON PROGO TAHUN 2018

PAWESTRININGRUM, RATRI (2018) STUDI KOMPARASI KEMANDIRIAN ANAK USIA 2-4 TAHUN PADA PROGRAM FULLDAY DAN HALFDAY DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BABUSSALAM PREMBULAN KULON PROGO TAHUN 2018. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum.

[img]
Preview
Text (RATRI PAWESTRININGRUM)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

RATRI PAWESTRININGRUM. “Studi Komparasi Kemandirian Anak Usia 2-4 Tahun pada Program Fullday dan Halfday di Pendidikan Anak Usia Dini Babussalam Prembulan Kulon Progo Tahun 2018”. Latar Belakang: Kemandirian merupakan indikator dalam aspek perkembangan sosio-emosional. Terdapat kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang memuat kemandirian anak dan hanya diterapkan pada program fullday sedangkan tidak diterapkan pada program halfday. Tujuan: Mengetahui perbedaan kemandirian anak usia 2-4 tahun pada program fullday dan halfday di Pendidikan Anak Usia Dini Babussalam Prembulan Kulon Progo Tahun 2018. Metode: Penelitian ini menggunakan metode studi komparatif. Sampel terdiri dari 27 responden dengan total sampling. Alat ukur kemandirian anak menggunakan modified WeeFIM. Uji normalitas menggunakan Saphiro Wilk dan uji statistik menggunakan Mann Withney U Test. Hasil: Hasil uji Mann Withney U Test didapatkan p-value adalah 0,006 <0,05 sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan kemandirian anak usia 2-4 tahun pada program fullday dan halfday di Pendidikan Anak Usia Dini Babussalam Prembulan Kulon Progo. Hasil mean kemandirian pada program fullday adalah 25,16 sedangkan mean pada program halfday adalah 18,6 sehingga kemandirian anak pada program fullday lebih tinggi daripada kemandirian anak pada program halfday. Kesimpulan: Kemandirian anak program fullday lebih tinggi dibandingkan dengan program halfday. Saran: Sebagai informasi bagi orang tua anak usia dini dalam melatih kemandirian anak dan sebagai alternatif dalam memilih program sekolah untuk anak usia dini. Kata Kunci: Kemandirian anak – Fullday – Halfday xvii + 97 halaman + 10 tabel + 2 skema + 13 lampiran Kepustakaan: 31, 2008 – 2017

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian anak; Fullday; Halfday
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 13 Sep 2019 06:47
Last Modified: 13 Sep 2019 06:47
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item View Item