KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS PBI DALAM MENERIMA PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS CILONGOK II KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017

PUSPARINGGA, ISA FANELA (2017) KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS PBI DALAM MENERIMA PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS CILONGOK II KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ISA FANELA PUSPARINGGA)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

ISAFANELAPUSPARINGGA. “Kepuasan Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Peserta Bantuan Iuran (BPJS PBI) dalam Menerima Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Cilongok II Kabupaten Banyumas Tahun 2017” Latar Belakang: Derajat kesehatan masyarakat miskin di Indonesia masih rendah. Pemerintah menjalankan program untuk menjamin kesehatan masyarakat miskin dengan menggunakan BPJS PBI, akan tetapi di lapangan masih terdapat banyak keluhan mengenai pelayanan kesehatan terhadap pasien pengguna BPJS PBI. (Depkes RI, 2013). Tujuan Penelitian: Mengetahui gambaran kepuasan dengan aspek: tangibles (bukti fisik), realibility (kehandalan), responsiveness( ketanggapan), assurance(Jaminan), emphaty (empati) pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Peserta Bantuan Iuran (BPJS PBI) dalam menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Cilongok II Kabupaten Banyumas Tahun 2017. Metode Penelitian: Metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Populasi berjumlah 18.241 orang, pengambilan sampel dihentikan jika data sudah jenuh, sampel yaitu 6 responden. Pengambilan data menggunakan wawancara mendalam. Alat ukur termasuk peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman wawancara, alat perekam (handphone), dan alat tulis. Analisa data dengan cara transkiping, koding, kategorisasi, dan verifikasi data. Hasil: Pasien BPJS PBI di Puskesmas Cilongok II merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dalam aspek tangibles (bukti fisik), realibility (kehandalan), responsiveness( ketanggapan), assurance(Jaminan), emphaty (empati) . Kesimpulan: Aspek pelayanan kesehatan tangibles (bukti fisik), realibility (kehandalan), responsiveness( ketanggapan), assurance(Jaminan), emphaty (empati) dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Saran: Diharapkan agar selalu meningkatkan dan mempertahankan kualitas pelayanan dan fasilitas penunjang, selain itu juga perlunya penambahan tenaga medis yaitu dokter supaya waktu pelayanan bisa lebih maksimal lagi. Kata kunci: Kepuasan – Pasien – Pengguna – BPJS PBI xvii+84 hal + 1 tabel + 11 lampiran Kepustakaan: 35, 2007-2016

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan; Pasien; Pengguna; BPJS PBI
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 610.7 Pendidikan, Penelitian, Perawatan, Topik-Topik berkaitan
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 04 Oct 2019 09:26
Last Modified: 04 Oct 2019 09:26
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item