PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DALAM BERHITUNG DI TAMAN KANAK - KANAK PURBONEGARAN SAGAN KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA TAHUN 2017

MEOL, MARIANUS DE SPIRITU SANTO (2017) PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DALAM BERHITUNG DI TAMAN KANAK - KANAK PURBONEGARAN SAGAN KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA TAHUN 2017. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MARIANUS DE SPIRITU SANTO MEOL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (641kB) | Preview

Abstract

Marianus De Spiritu Santo Meol. “Pengaruh Permainan Edukatif Puzzle terhadap Perkembangan Kognitif Anak dalam Berhitung di TK Purbonegaran Sagan Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta Tahun 2017.” Latar Belakang: World Health Organization (2008), mencatat 5 - 25% anak usia prasekolah menderita disfungsi otak minor termaksud gangguan perkembangan. Depertemen Kesehatan Republik Indonesia (2006) mencatat 0,4 juta (16%) anak mengalami gangguan perkembangan termaksud kecerdasan kurang. Puzzle merupakan permainan edukatif yang dapat digunakan untuk menstimulus perkembangan kognitif anak. Tujuan penelitian: Mengetahui pengaruh permainan edukatif puzzle terhadap perkembangan kognitif anak dalam berhitung di TK Purbonegaran Sagan Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta tahun 2017. Metode penelitian: Desain penelitian pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan tanggal 25 sampai 28 Juli 2017. Jumlah populasi dan sampel 22 orang dengan teknik sampel total populasi. Alat ukur menggunakan kuesioner dengan 12 pertanyaan. Analisa data menggunakan uji statistik Wilxocon Sign Rank. Hasil penelitian: Hasil pretest permainan edukatif puzzle yaitu 15 orang (62,8%) cukup berkembang, 7 orang (31,8%) berkembang baik, sedangkan nilai posttest 17 orang (77,3%) berkembang baik, 5 orang (22,7%) cukup berkembang. Perhitungan menggunakan uji wilxocon diperoleh t hitung= 0,000 < t tabel=0,05 yang berarti H0 ditolak dan Hα diterima. Kesimpulan: Ada pengaruh permaian edukatif puzzle terhadap perkembangan kognitif anak dalam berhitung di TK Purbonegaran Sagan Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta Tahun 2017. Saran: Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan kelompok kontrol. Kata kunci: Permainan Edukatif Puzzle-Perkembangan kognitif dalam berhitung anak TK Purbonegaran xix + 87 halaman + 11 tabel + 5 gambar + 2 skema + 12 lampiran Kepustakaan: 37 (2006-2016).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Edukatif Puzzle; Perkembangan kognitif dalam berhitung anak TK Purbonegaran
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 612 Fisiologi > 612.6 Reproduksi,pertumbuhan,pendewasaan Termasuk kehamilan dan melahirkan, pertumbuhan embrio,pertumbuhan bayi,pendewasaan,remaja,menstruasi, gerontologi fisik
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 11 Oct 2019 06:52
Last Modified: 11 Oct 2019 06:52
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item View Item