PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP PERSEPSI ORANG TUA TENTANG ALAT PERMAINAN EDUKATIF PADA ANAK GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DISERTAI HIPERAKTIVITAS DI TK AL-FATIH SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2016

DJATTA, TULUS IBERGEN (2016) PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP PERSEPSI ORANG TUA TENTANG ALAT PERMAINAN EDUKATIF PADA ANAK GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DISERTAI HIPERAKTIVITAS DI TK AL-FATIH SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2016. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (TULUS IBERGEN DJATTA)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

TULUS IBERGEN DJATTA. “Pengaruh penyuluhan APE terhadap persepsi orang tua tentang permainan edukatif pada anak gangguan pemusatan perhatian disertai hiperaktivitas di TK Al Fatih Sleman Yogyakarta”. Latar Belakang: Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktifitas (GPPH) merupakan gangguan perilaku yang paling sering terjadi pada anak-anak. Kasus anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktifitas (GPPH atau ADHD) adalah 12% dari populasi anak SD dan 11% di komunitas (Brown 2001). Gangguan ini jika tidak segera diatasi akan menimbulkan efek negatif pada anak misalnya kesulitan belajar. Salah satu penanganan untuk anak dengan GPPH adalah tekhnik bermain dengan Alat Permainan Edukatif (APE) seperti alat bermain puzzle. Tujuan: Mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap persepsi ibu tentang Alat Permainan Edukatif pada anak Gangguan Pemusatan Perhatian disertai Hiperaktivitas di TK Al-Fatih Sleman Yogyakarta. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian experiment dengan design Pra Experiment. Populasi adalah semua ibu-ibu yang memiliki anak GPPH di TK Al-Fatih Sleman sebanyak 32 siswa yang menderita GPPH. Sampel yang diperoleh adalah 10 responden. Pengambilan sampel menggunakan tehnik non probability jenis purposive sampling. Alat ukur menggunakan kuisioner dan leaflet dan data dengan menggunakan uji analisis wilcoxon. Hasil: Hasil penelitiann diperoleh bahwa p value 0,007 dengan taraf signifikasi 0,05 dengan arti terdapat pengaruh APE terhadap persepsi ibu- ibu di TK Al Fatih Sleman Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian penyuluhan tentang alat permainan edukatif dengan persepsi ibu tentang anak Gangguan Pemusatan Perhatian disertai Hiperaktivitas (GPPH) di TK Al-Fatih Sleman Yogyakarta. Saran: Alat permainan edukatif puzzle dapat membantu proses pembelajaran motorik halus bagi anak GPPH dan mengurangi persepsi ibu tentang anak GPPH Kata Kunci: Penyuluhan APE – Orang tua–Anak GPPH+76 hal + 25 tabel + 3 skema +9 gambar+12 lampiran. Kepustakaan: 29, 2004-2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan APE; Orang tua–Anak
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 612 Fisiologi > 612.6 Reproduksi,pertumbuhan,pendewasaan Termasuk kehamilan dan melahirkan, pertumbuhan embrio,pertumbuhan bayi,pendewasaan,remaja,menstruasi, gerontologi fisik
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 22 Oct 2019 04:58
Last Modified: 22 Oct 2019 04:58
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item