HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT II PROGRAM STUDI S-1 ILMU KEPERAWATAN STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2014

DEWI, CHRISMAWANTI KUSUMA (2015) HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT II PROGRAM STUDI S-1 ILMU KEPERAWATAN STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2014. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (CHRISMAWANTI KUSUMA DEWI)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (959kB) | Preview

Abstract

CHRISMAWANTI KUSUMA DEWI. “Hubungan Antara Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Stikes Bethesda Yogyakarta Tahun 2014” Latar belakang: Problem-based learning merupakan suatu pendekatan pendidikan dengan menggunakan bahan stimulus untuk membantu mahasiswa berdiskusi tentang masalah yang penting. PBL di STIKES Bethesda membosankan mahasiswa di karenakan para mahasiswa masih dalam masa peralihan dan adaptasi. Tujuan: Mengetahui hubungan antara penerapan metode pembelajaran PBL dan motivasi belajar mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Keperawatan STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Desember Tahun 2014. Metode: Desain penelitian ini adalah studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sample yang diambil 108 mahasiswa prodi S-1 ilmu keperawatan STIKES Bethesda YAKKUM Yogyakarta tingkat II semester III. Pengambilan sample menggunakan random sampling. Instrument berupa kuesioner tertutup. Analisis menggunakan korelasi tata jenjang sperman. Hasil: Penerapan metode pembelajaran problem based learning dengan kategori cukup 83,3% dan motivasi belajar mahasiswa tingkat II dengan kategori sedang 59,3%. Hasil analisis uji Sperman rank didapatkan nilai korelasi sebesar 0,616 dengan p value 0,000 (p<0,05). Kesimpulan: Ada hubungan antara penerapan metode pembelajaran PBL di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta dan motivasi belajar mahasiswa S1 Tingkat II STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2014. Saran: Disarankan peneliti lain untuk meneliti faktor-faktor yang dapat mempengaruhi motivasi terhadap proses penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning Kata Kunci: problem based learning – motivasi xvii + 72 + 9 tabel + 3 skema + 7 lampiran Kepustakaan: 34, 2004-2014

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problem based learning; motivasi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 07 Nov 2019 08:19
Last Modified: 07 Nov 2019 08:19
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/445

Actions (login required)

View Item View Item