PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP LITERASI REMAJA MENGENAI PERILAKU KEKERASAN SEKSUAL DI SMP KRISTEN 1 SURAKARTA

HARDANTI, BRILIAN MARTYA (2025) PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP LITERASI REMAJA MENGENAI PERILAKU KEKERASAN SEKSUAL DI SMP KRISTEN 1 SURAKARTA. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img] Text (BRILIAN MARTYA HARDANTI)
NASKAH PUBLIKASI_BRILIAN MARTYA HARDANTI_2303003.pdf

Download (569kB)
[img] Text (BRILIAN MARTYA HARDANTI)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (720kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)

Abstract

BRILIAN MARTYA HARDANTI. “Pengaruh Edukasi Menggunakan Media Video Terhadap Literasi Remaja Mengenai Perilaku Kekerasan Seksual di SMP Kristen 1 Surakarta”. Latar Belakang : Literasi sangat penting pada era globalisasi untuk meningkatkan pengetahuan terlebih untuk remaja. Banyak siswa yang belum mengetahui tentang kekerasan seksual sehingga sangat penting untuk dilakukan peningkatan pada literasinya. Media video dapat digunakan siswa untuk membantu meningkatkan literasinya. Tujuan : Mengetahui pengaruh edukasi menggunakan media video terhadap literasi remaja mengenai perilaku kekerasan seksual di SMP Kristen 1 Surakarta. Metode : Kuantitatif dengan desain penelitian yaitu pre-experimental. Populasi siswa kelas 2 di SMP Kristen 1 Surakarta. Teknik sampling menggunakan total sampling berjumlah 71 orang. Alat ukur kuesioner HLS-Asia-Q yang sudah baku. Analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon. Hasil : Karakteristik responden usia13 tahun dan 14 tahun memiliki jumlah yang sama yaitu 46.5%, jenis kelamin paling banyak yaitu perempuan 53.5%. Hasil sebelum edukasi menggunakan media video pada pretest mendapatkan hasil kurang sebanyak 52.1% dan cukup sebanyak 47.9%, sedangkan hasil setelah edukasi menggunakan media video pada posttest paling banyak kategori baik 98.6%. Uji Wilcoxon memiliki hasil p-value 0.000. Kesimpulan : Ada pengaruh edukasi menggunakan media video terhadap literasi remaja mengenai perilaku kekerasan seksual di SMP Kristen 1 Surakarta. Saran : Peneliti selanjutnya diharapkan melakukan edukasi dengan media video menggunakan kelompok kontrol, agar peneliti dapat mengetahui perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Kata Kunci : literasi-media video-perilaku kekerasan seksual, remaja Xv + 73 + 8 tabel + 2 skema + 14 lampiran Kepustakaan : 60,2017-2024

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: literasi-media video-perilaku kekerasan seksual, remaja
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Twista Rama Sasi
Date Deposited: 02 Dec 2025 02:59
Last Modified: 02 Dec 2025 02:59
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/5343

Actions (login required)

View Item View Item