ANANTA, DANIA DIVA (2025) Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Layanan Sistem Pendaftaran Online di Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo Parakan. Skripsi thesis, STIKES BETHESDA KAMPUS TEMANGGUNG.
|
Text (DANIA DIVA ANANTA)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (795kB) |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (341kB) |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
|
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) | Request a copy |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (506kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi informasi telah mendorong rumah sakit untuk meningkatkan mutu pelayanan, salah satunya melalui sistem pendaftaran online. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kepuasan pasien rawat jalan terhadap layanan pendaftaran online menggunakan aplikasi WhatsApp dan Mobile JKN di Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo Parakan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dari populasi pasien rawat jalan pengguna pendaftaran online pada bulan Februari 2025. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner berbasis model End User Computing Satisfaction (EUCS) yang meliputi lima dimensi content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan mean, serta uji Mann-Whitney untuk membandingkan kepuasan antara kedua media pendaftaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aplikasi WhatsApp, dimensi dengan nilai rata-rata tertinggi adalah ease of use (4,22), sedangkan timeliness memperoleh nilai terendah (3,37). Pada aplikasi Mobile JKN, dimensi timeliness memperoleh rata-rata tertinggi (4,34) diikuti accuracy (4,30), sementara format memiliki nilai terendah (3,71). Uji Mann-Whitney menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan pada dimensi content, accuracy, dan ease of use. Namun terdapat perbedaan signifikan pada dimensi format, di mana WhatsApp lebih unggul, serta pada dimensi timeliness, di mana Mobile JKN lebih unggul. Kesimpulan penelitian ini adalah kedua aplikasi mampu memberikan kepuasan pada pasien, meskipun dengan kelebihan masing-masing. WhatsApp lebih unggul dari segi kemudahan dan tampilan, sementara Mobile JKN lebih unggul dalam kecepatan respon dan ketepatan informasi.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kepuasan pasien; pendaftaran online; whatsapp; mobil JKN; end user computer satisfaction |
| Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
| Divisions: | Prodi Sarjana Administrasi Kesehatan (Temanggung) |
| Depositing User: | admin temanggung |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 06:51 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 06:51 |
| URI: | http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/5371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
