STUDI KOMPARATIF EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN METODE CERAMAH DENGAN AUDIOVISUAL DAN BERMAIN TERHADAP PERILAKU GOSOK GIGI PADA SISWA KELAS I SD NEGERI LEMPUYANGAN I YOGYAKARTA 2017

ARIESTA, CHRISTIN VESSA (2019) STUDI KOMPARATIF EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN METODE CERAMAH DENGAN AUDIOVISUAL DAN BERMAIN TERHADAP PERILAKU GOSOK GIGI PADA SISWA KELAS I SD NEGERI LEMPUYANGAN I YOGYAKARTA 2017. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (CHRISTIN VESSA ARIESTA)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

CHRISTIN VESSA ARIESTA. “Studi Komparatif Efektivitas Pendidikan Kesehatan Metode Ceramah Dengan Audiovisual dan Bermain Terhadap Perilaku Gosok Gigi Pada Siswa Kelas I SD Negeri Lempuyangan I Yogyakarta 2017’. Latar Belakang: Data Riskesdas tahun 2013 menunjukkan presentase menggosok gigi di Indonesia sebesar 2,3% dan pada masalah gigi dan mulut pada anak umur 5-9 tahun sebesar 28,9%. Menggosok gigi merupakan hal yang mudah tetapi seringkali diabaikan oleh masyarakat, sehingga menimbulkan masalah gigi dan mulut. Pencegahan yang diperlukan dalam menanggulangi masalah gigi dan mulut pada anak usia sekolah yaitu dengan pendidikan kesehatan. Tujuan: Mengetahui perbedaan efektivitas pendidikan kesehatan metode ceramah dengan audiovisual dan bermain terhadap perilaku gosok gigi pada siswa kelas I SD Negeri Lempuyangan I Yogyakarta 2019. Metode: Desain penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan two groups pretest and postest without control group. Sampel penelitian sebanyak 40 responden. Analisis data menggunakan Mann Whitney Test. Hasil: Hasil analisis data didapatkan p value > 0,05, yaitu p value 0.317. Kesimpulan: Tidak ada perbedaan efektivitas pendidikan kesehatan metode ceramah dengan audiovisual dan bermain terhadap perilaku gosok gigi pada siswa kelas I SD Negeri Lempuyangan I Yogyakarta. Saran: Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai data dasar untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut tentang pendidikan kesehatan metode ceramah dan bermain dengan melakukan permainan secara komperhensif. Kata Kunci: pendidikan kesehatan-ceramah-audiovisual-bermain-usia sekolah xxiv + 118 + 10 tabel + 3 skema + 17 gambar + 12 lampiran kepustakaan : 51, 2003-2016

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan; ceramah; audiovisual; bermain; usia sekolah
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 22 Sep 2020 04:08
Last Modified: 22 Sep 2020 04:08
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item View Item