HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) USIA 3-6 TAHUN DI RUMAH SAKIT JIWA PROFESOR DR. SOEROJO MAGELANG

ARNANDA, HIERONIMUS DORI (2019) HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) USIA 3-6 TAHUN DI RUMAH SAKIT JIWA PROFESOR DR. SOEROJO MAGELANG. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

HIERONIMUS DORI ARNANDA. “Hubungan Pola Komunikasi Keluarga Dengan Perkembangan Bahasa Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Usia 3-6 Tahun di Rumah Sakit Jiwa Profesor Dr. Soerojo Magelang” Latar Belakang : Masalah yang dialami oleh anak ADHD ternyata tidak hanya sebatas perilaku yang inattention, impulsive, and hyperactivity, tetapi pada usia prasekolah juga mengalami keterlambatan dalam kemampuan bahasa. Hasil dari studi pendahuluan didapatkan tiga dari empat anak ADHD terdiagnosis mengalami gangguan perkembangan bahasa. Stimulasi sangat diperlukan oleh keluarga, salah satunya dengan pola komunikasi yang baik. Dua dari empat keluarga anak ADHD memiliki komunikasi yang kurang baik. Tujuan : Mengetahui hubungan pola komunikasi keluarga dengan perkembangan bahasa anak Atention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) usia 3-6 tahun di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang. Metode : Desain penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total populasi dengan jumlah sampel 30 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner pola komunikasi keluarga dan DDST II. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Spearmen Rank. Hasil : Uji statistik dengan Spearmen Rank dengan tingkat signifikan (ɑ) 0,05 didapatkan nilai p value = 0,00 < 0,05, dengan tingkat keeratan 0,800 (sangat kuat). Kesimpulan: Ada hubungan yang bermakna antara pola komunikasi keluarga dengan perkembangan bahasa anak ADHD usia 3-6 tahun di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang. Saran : Peneliti menyarankan peneliti lain meneliti tentang faktor-faktor lain yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak ADHD. Kata Kunci : Pola Komunikasi Keluarga - Perkembangan Bahasa - ADHD xvi + 98 halaman + 18 tabel + 5 gambar + 2 skema + 19 lampiran Kepustakaan : 28, 2009 - 2018

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Keluarga; Perkembangan Bahasa; ADHD
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 618 Ginakologi dan Lain-Lain Kedokteran Khusus > 618.9 Pediatrik dan Geriatrik
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 29 Sep 2020 08:54
Last Modified: 29 Sep 2020 08:54
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item