PERSEPSI MAHASISWA SARJANA KEPERAWATAN TINGKAT 3 TENTANG PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2022

CLARET, LIDIA MARIA (2022) PERSEPSI MAHASISWA SARJANA KEPERAWATAN TINGKAT 3 TENTANG PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2022. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (LIDIA MARIA CLARET)
NASKAH PUBLIKASI-LIDIA MARIA CLARET.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LIDIA MARIA CLARET)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

LIDIA MARIA CLARET. “Persepsi Mahasiswa Sarjana Keperawatan Tingkat 3 Tentang Penggunaan E-learning Dalam Pembelajaran Problem Based Learning Di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2022”. Latar Belakang: PBL di STIKES Bethesda yang awalnya dilaksanakan secara tatap muka berubah menjadi secara e-learning sejak pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil studi pendahuluan terhadap 6 mahasiswa, 5 mahasiswa menyatakan PBL secara e-learning kurang efektif daripada PBL tatap muka karena banyak gangguan teknis. Tujuan: Mengetahui persepsi mahasiswa tentang model pembelajaran PBL di STIKES Bethesda yang dilaksanakan secara e-learning. Metode: Desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Populasi penelitian yakni mahasiswa Sarjana Keperawatan Reguler tingkat 3 STIKES Bethesda yang berjumlah 101 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 6 partisipan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan analisis data menggunakan metode Colaizzi. Hasil: Penelitian ini memperoleh 6 tema yakni pendapat mahasiswa tentang pelaksanaan PBL secara e-learning/online, hambatan dalam pelaksanaan PBL secara e-learning/online, upaya dalam mengatasi hambatan pelaksanaan PBL secara e-learning/online, kelebihan PBL yang dilaksanakan secara e- learning/online, kekurangan PBL yang dilaksanakan secara e-learning/online, dan harapan mahasiswa untuk pelaksanaan PBL kedepannya. Kesimpulan: Mahasiswa berpendapat bahwa PBL secara e-learning memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugas namun menyulitkan mahasiswa dalam memahami materi. Saran: Peneliti selanjutnya hendaknya fokus meneliti variabel lain untuk dianalisis seperti hambatan dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan PBL secara e-learning. Kata Kunci: Persepsi – Problem Based Learning – E-Learning xiv + 75 Hal + 1 Tabel + 2 Skema + 11 Lampiran Kepustakaan: 50, 2012-2021

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi – Problem Based Learning – E-Learning
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Twista Rama Sasi
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:14
Last Modified: 23 Jan 2024 07:14
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/2337

Actions (login required)

View Item View Item